Cara Memunculkan Search yang Hilang

Hari ini, dijadwalkan untuk ngecek notebooknya Bapak Yatno Isworo (seorang Widyaiswara di my Office) dengan keluhan menu searchnya hilang entah kemana. Terus terang kesimpulan pertamaku adalah VIRUS. SO dengan mengandalkan PCMAV RC 21 yang aku dapetin dari PCMEDIA, langkah pertama langsung aku pake untuk scan via safemode. Terbukti ada beberapa virus bercokol didalamnya diantaranya pendekar blank dan kawan2. Setelah aku clean ternyata menu searchnya tetap aja maen petak umpet. AKhirnya the last jurus adalah bertanya kepada Paman Google, hasilnya aku dapetin sebuah situs edukasi malaysia (IT Info) yang menyediakan bermacam tutorial melawan VIRUS.

itinfo.jpg

Termasuk diantaranya adalah memunculkan menu search yang hilang sebagai berikut (dengan sedikit penyesuaian bahasa) :

Baru-baru ini virus Flash 10 telah menyerang banyak PC. Namun jejak yang ditinggalkan (setelah antivirus dapat membersihkannya) adalah Command Prompt Disabled dan juga fungsi Search hilang.

search1.jpg

Untuk mengembalikan fungsi Search ini silahkan ikuti langkah2 berikut :

Pilih Start Menu dan kemudian klik pada Run

Copy dan Paste command ini di dalam Run

REG add HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer /v NoFind /t REG_DWORD /d 0 /f

search2.jpg


Setelah selesai untuk melihat hasilnya anda perlulah Restart komputer anda.Selamat mencuba.

Sekali lagi thanx a lot bro.

48 Responses

  1. Tanya:
    Pak, menu Search dan Run saya hilang setelah terkena virus trojan. Selain itu, hampir semua file musik saya juga hilang. Saya sudah menghilangkan virus tersebut dengan adware dan antivirus yang telah diupdate. Akan tetapi, saya belum yakin bahwa virus tersebut hilang. Bagaimana saya dapat memastikan bahwa komputer saya bebas virus? Bagaimana pula saya dapat mengembalikan file-file musik serta menu Search dan Run tersebut? Saya sangat mengharapkan solusi dari Bapak. Atas solusi yang disampaikan, saya mengucapkan terima kasih.

    • aku dah coba tp kok belum muncul juga kenapa ya, tolong donx aku bingung, bnyk data aku ga bisa cari satu2, aku dah copi paste di ran tp tetep ga muncul. cara ngilain virus free mine gimana, komputer saya bnyak sekali virus bisa ga ya di bersihkan ?

  2. terima kasih atas artikel yang anda berikan .karena sangat berguna bagi semua yang memakai komputer..terlebih bagi saya…

    jadi saya mau bertanya saya anda …nih pertanyaaannya

    bagaimana memunculkan klik kanan pada destop dan windows explorenya..???

    saya mohon bantuan anda ..karena anda sangat pengalaman di dunia komputer…
    terima kasih banyakk … mohon di kirim pada email saya karena saya sangat membutuh kannya …

  3. tq ya… :)

  4. terima kasih banyak mas atas solusinya untuk search yang hilang. banyak banyak terima kasih. komp saya habis kena virus win 32/heur….pokoknya banyak macam gara2 dimasukin flash disk teman yang biasanya download lewat warnet. sekali lagi terima kasih banyak. searchnya udah nongol lagi.Thanks a lot bro.

  5. Thanks bro…
    resepnya manjur.. padahal aku dah sebel bgt ma tuh masalah.. virusnya hilang eeehhh masalahnya tambah gede.. searchingnya ikut ilang..
    pokoknya makasih poollllllllll deh..

  6. [...] under: TI,  community,  pemerintahan « Cara Memunculkan Search yang Hilang  Rapat  Evaluasi Kegiatan Jateng Online Tahun 2007 [...]

  7. Pak Mau tanya nih.. untuk virus freemine.exe dan kroninya bisa di basmi pake antivirus apa y? soalnya saya pake pcmav 1.6 terdetect, tapi tidak mau melakukan action, lalu untuk petunjuk mengembalikan search menu yg diatas juga tidak bisa, apakah itu krn virusnya belum ilang y?
    Terima Kasih atas petunjuknya..

  8. Makasih bnyk mas…saya sampai strees munculkan fili searchnya..udah di instal repair 2 x jg gk mau nongol..sekarang masalah udh selesai…thnks a lot..

  9. Mr.Vandoyo,
    mohon infonya auto code untuk aplikasi net support manager 9 yang update..tx alot

  10. maksih mas ilmunya..akhirnya searc ku muncul juga

  11. sip2..
    boleh juga…

  12. Pak tolong bantu saya bagaiman cara menghilangkan virus autorun di drive d:/, karena menggunakan double windows, saya menggunakan avira antivirus sudah terdeteksi namun tidak bisa dihapus.

    trims atas jawabannya.

  13. huwaaaaa….!!!!!!!
    makasie banyak iaaaaa maz,….!!!!!!
    ud ketemu ni searchnyah,…!!!!!
    tengkiuuu sangadhhhh,.. \O.o/

  14. Ga semua virus bisa di scan via save mode kan.

  15. makasih ya …
    kamu hebat, bisa memberi informasi yang tak ternilai harganya.
    search PC saya sudah bisa dijalankan lagi.
    semoga Tuhan membalas kebaikan Anda. Amien..

  16. mas, saia mau tanya neh …

    laptop saia abis kena virus, tapi udah saia bersihkan …

    tapi yg jadi pertanyaannya, kok ketika kita buka search isi didalam search itu kosong ya (kolom kita biasa mengisikan file yg ingin kita cari) …

    ada solusi kah dari anda?

    makasih atas jawaban dan tanggapannya …

  17. mas.. mohon bantuannya..

    setelah saya jalankan cara di atas, kenapa menu search tetap ga bisa dipake??
    antivirus apa yang manjur untuk membasmi virus ini?
    karena banyak laptop di kantor yang mengalami hal serupa..
    ada kah solusi lainnya
    mohon untuk dikirim ke email saya…
    terimakasih..

  18. mas, ketika buka search isi didalam search itu kosong,(kolom tempat mengisikan file yg ingin dicari) … tolong dikirim via email ya mas….

  19. WAH THANKS BGT BRO KODENYA BERHASIL!!!
    SEBELUMNYA GW KEWALAHAN BGT, RUN, SEARCH, REGEDIT GA BISA MUNCUL. ALHASIL SETELAH MENCOBA YG DIATAS BSA JG. TAPI ADA MASALAH NIHHHH
    MENJALANKAN gpedit.msc DI MENU run GA BISA!!! TOLONGIN YAH…THANKS BEFORE

  20. Ass.
    search saya hilang…sudah saya coba ikuti 2 langkah diatas kok tetep ga bisa…di apaain ya…sy sanagt terganggu..tidak bisa search data…gimana doung…

  21. menu search saya ada tetapi menu sebelah kiri untuk mencari kata / phrase gak muncul gimana donk ?

  22. makasih banget lho … akhirnya search aq muncul lg ….

  23. Nuwun pak de

    Apik banget ni, sumbang sih km….

    Sangat mempesona dan membantu kaum yang lemah…

  24. Mas, mohon bantuannya. Setelah saya praktekan cara di atas, tenyata search-nya masih belum muncul jg. Apa yg selanjutnya harus saya lakukan dan antivirus apa yang lebih ampuh untuk menghilangkan virus2 tsb?
    Mohon dibalas ke email saya dan trims buat bantuannya.

  25. Hello……teman2. gimana saya bisa mengembalikan Menu Search yang telah dinonaktifkan melalui gpedit.msc, dan Menu
    Run juga udah dinonaktifkan. Sekarang semua program aplikasi dikomputer gk bisa diakses.
    Thx

  26. Satu lagi. Gimana kita mengaktifkan kemabali Drive yang telah dinonaktifkan? misalnya Drive D atau E salah satunya.
    Tolong kirimkan jawabanya ke brow_ifupn@yahoo.com.
    thx

  27. Terima kasih banyak Pak !
    saya sdh pusing … ehh ketemu jg .

    Thamhs

    wassalam
    salimi

  28. Tengkyu bro..
    semoga dapet pahala,
    oia klo title bar internet explorer ku kok ada tulisan: AKU TAK PERNAH DIHARGAI ORANG![KETUT SUAR.MELAYA_BALI?!]
    gimana cara ngilanignnya ya?need advice bro..thanx

    gege

  29. tanks ya bro
    search gue dah ada lagi heheheheh…

  30. pak searchnya sudah ada, tapi menunya pencariannya hilang semua? kalo biasanya diatas assisten (animasi anjing atau merlin) itu ada menu pencariannya tapi disini hilang

  31. [...] Artikel selengkapnya bisa dibaca langsung di sini [...]

  32. terima kasih banget tipsnya. Its work..!!

  33. Mas terima kasih atas infonya. Search tools sudah muncul kembali.

  34. Pak di komputer saya habis kena virus trojan pada start menu kalau di klik kanan tidak bisa digunakan apapun, tapi kalau tidak di klik kanan bisa jalan.
    Trima kasih

  35. Thanks ya Ooom berkat oom saya dapat uang tambahan buat jajan sekolah……yang banyak lagi kasih tau caranya supaya kita semua berguna bagi bangsa karna saling memberi tahu ilmu yang kita ketahui sekali lagi thanks ya oom…!

  36. Infonya bermanfaat sekali..thxs

  37. Mas..Saya sudah coba dan hasilnya tidak bisa, menu search saya tetap blank dan tidak ada option yang biasa untuk search.

  38. waduh… belum juga muncul nih menu search nya, padahal udah berulang kali perintah yg tadi tak ulang-ulang terus… gimana nih MAS….

  39. makasih ya…SEARCH saya sudah muncul lagi..

  40. [...] under: government, pemerintahan, TI « Bintek Implementasi Piranti Lunak Cara Memunculkan Search yang Hilang » Like Be the first to like this [...]

  41. saya sudah coba tp kok search nya gak muncul-muncul??
    ada cara lain tidak???

  42. Mohon Info, Search pada komputer saya hilang namun berbeda dg kasus diatas, saat saya buka menu search tampak menu berikutnya namun blank (hanya terlihat gambar anjing saja) mohon solusi karena langkah yang saya lakukan berupa menjalankan perintah :
    regsvr32 wshom.ocx
    regsvr32 jscript.dll
    regsvr32 urlmon.dll
    melalui RUN
    ternyata tidak permanen namun setiap menghidupkan komputer saya harus mengetik ulang ….

  43. saya mw bertanya dong, gmn cara mengembalikan file yg terkena virus vbs krn MSword saya semua’a 0 kb ga bs dibuka, dan bagaimanapula memunculkan Run yg hilang akibat virus tersebut.

  44. Quality posts is the crucial to attract the users
    to go to see the site, that’s what this web site is providing. Forum

  45. シャネル 3209Q サングラス フランス ブランド 知られている のためだけに 、キルト 動作 を見て その 最も象徴的なハンドバッグおり 組み込まれて 古典的な ピーク にその 品揃え
    シャネルの メガネ。黒 プラスチック数理 このアプローチ スタイルです 祝福 黄褐色、手縫いのラムスキンの腕を持つ の キルト パターンと、 特別 CC ロゴ
    によって 寺院。

  46. terima kasih ternyata benar-benar kenyataan cuy

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

