Cara Memunculkan Menu RUN yang hilang

 Ini merupakan artikel yang aku dapetin juga dari situs edukasi malaysia (IT Info) yang terus terang sangat berguna (dengan berbagai penyesuaian bahasa)  

Pembuat virus dan trojan menggunakan bermacam-macam cara untuk membuat pengguna Windows cemas. Diantaranya dengan menghilangkan menu Run di Start Menu. Cara untuk mengatasi masalah ini adalah sebagai berikut :

Gambar menu Run yang hilang di Start Menu

 runhilang.jpg

Untuk mengembalikan menu RUN, pastikan betul-betul PC anda sudah hilang virusnya.

Mula-mula

1. Cari gpedit.msc di (C:\WINNT\system32\gpedit.msc) atau (C:\WINDOWS\system32\gpedit.msc)
2. “Double click” fail itu.
3. Pergi ke ‘User configuration‘ -> ‘Administrative Templates‘ ->’Start Menu & Taskbar’
4. Pilih ‘Remove Run from Start Menu’ dan klik 2 kali

runhilang2.gif

5. Tambahkan Disable dan aplly

6. Restart PC

Selamat Mencoba 

55 Responses

  1. matur sembah nuwun mas, maklum baru belajar kena virus lagi.suwun 2x

  2. matur nuwun juga sudah mampir di blog saya

  3. Saya sudah mengikuti langkah2 diats tapi tetap tidak muncul Run-nya.
    Apakah PC saya terkena virus yang ganas ?

  4. coba pake aja pcmedia

  5. Tanya:
    Pak, menu Search dan Run saya hilang setelah terkena virus trojan. Selain itu, hampir semua file musik saya juga hilang. Saya sudah menghilangkan virus tersebut dengan adware dan antivirus yang telah diupdate. Akan tetapi, saya belum yakin bahwa virus tersebut hilang. Bagaimana saya dapat memastikan bahwa komputer saya bebas virus? Bagaimana pula saya dapat mengembalikan file-file musik serta menu Search dan Run tersebut? Saya sangat mengharapkan solusi dari Bapak. Atas solusi yang disampaikan, saya mengucapkan terima kasih.

  6. Untuk menu Search dan Run yang hilang pake aja cara diatas sedangkan untuk file musik yang hilang mungkin saja filenya ke”hiden” sehingga kesannya hilang, kalo untuk munculin file yang kehiden biasanya saya pake langkah berikut :
    (bila pake XP)
    klik menu run
    ketik cmd
    klik ok
    ketik attrib -s -h c:\*.* /s
    tekan enter
    tunggu hingga muncul dos prompt
    ketik exit
    coba cek pake explorer

    tapi kalo masih belum muncul juga, wah saya juga masih belajar nih, coba browse di google siapa tahu banyak pencerahan atas masalah tersebut

  7. terima kasih atas ilmunya ya..oya boleh tanya lagi gak???
    bagaimana cara me remove sofware yang g bisa di remove di control panel,

  8. terimakasih atas caranya kebetulan menu run saya hilang. tapi cara nya tidak jelas masuk ke program langkah pertama gimana? trus fail itu apa?

  9. bagaimana kalau komputer pakai deepfreeze yang terbaru….mau dibuka lupa passswordnya….gimana tuh..makasih sebelumnya….

  10. mas gmn klo gpeditx gak ada di sistem32

  11. duh.. saya si gak punya masalah sama run yg hilang.. tp virus yg ga ilang2 itu lho.. tiap saya nyalain laptop saya pasti dia muncul lagi. awalnya saya pake symantec.. trus sampe saya ganti pake antivir.. tp tetep aja muncul trus.. gmn dong?? waktu pake symantec nama virusnya csrssw.dll tp bgitu pake antivir lain lagi namanya.. saya bingung jadinya.. tolong bantuin bgt ya.. coz saya baru bgt pake laptop ini.. maklum baru beli baru.. hehehe.. thx

  12. mau nanya donk kalo boleh
    komputer gua xp sp2 kalo sekali klik start dan trus run
    kan muncul run dengan open ada tulisan highlight biru open /cmd

    trus sekali saya klik ok trus langsung dengan cepat nongol dos tapi ga ampe satu detik langsung ilang
    itu kenapa ya mohon dijawab
    dan email ke saya kalo boleh di delvintelli@yahoo.com
    thx banget ya

  13. mas klik kanan di desktop ga bisaaa.. tolong donk

  14. thank’s bos

  15. matur nuwun tip nya mas

  16. matur thankyu mas…..
    soale kompiku abis tak utek2 nyoba ilangin run tapi g bisa balikinnya hwehehehee

  17. Mau tanya nih mas,

    gni kan saya baru saja buat blog, supaya nanti bisa tampil di search engine macam google dkk tuh gmna ya mas?

    mohon pencerahannya buat newbie yang satu ini

    Maksih sebelumnya.

  18. mau nanya ni mas,

    gini lo mas, saya baru belajar tentang linux trus saya utak atik ip networknya dan sekarang ga bisa lagi ngenet saya sampe bingung mohon bantuannya mas.

    makasih sebelumnya.

  19. di C/Windows/system32 saya gak ada gpedit.msc yah ? gimana nih ? Tolongin donk !

  20. aku di kasih rumus run dunk. kirim ke e-mail ku ya

  21. thank’s banget buat tutornya

    klo ngembaliin menu taskbar lewat cmd gmn yah?

  22. […] Cara Memunculkan Menu RUN yang hilang […]

  23. mas lw saya mw tanya ni tentang program run, search, ma folder option hilang, g mna ne balikinya?
    thank

  24. thank’s a lot…..

  25. met bagung

  26. klo matiin deep freeze gimana kang

  27. thxs brotha…GBU

  28. bro ….tulisannya mau di print,jadi gue copas sorry sebelumnya

  29. untuk matikan deepfreeze,gw kasih tau nih caranya tekan shift
    teruzz klik gambar deefreezenya lalu masukan kode passwordnya kasih tanda titik hitam di boot thawed di no3 untuk membuka di no 1 untuk menutup,lalu restart komputer lihat di deefreezenya ada x warna merah berarti deefreeze sudah terbuka,ok ….jika anda mau matikan deefreze atau menghilangkannya harus dengan applikasi deefreeze yang sama klik2 softwarenya klik uninstall deefree sudah menghilang di komputer anda.

  30. makasih atas ilmu gratisnya.. !!!

  31. mas, tau gak kok kompie ku regedit, taksmanagernya disable truss sih ?? pdhal udah tak enable,, tapitetep aja disable,, gmn tuh mas ??

  32. KK kalau cari . Cari gpedit.msc di (C:\WINNT\system32\gpedit.msc) atau (C:\WINDOWS\system32\gpedit.msc) itu ketiknya di mana

  33. bro kalo ternyata menu “run” ga ada & gabisa dibuka walopun dah pake shortcut key “tombol windows+R” gmn tuh, ditambah DOS nya jg ilang gimana tah??????

  34. tambahan gan …..ternyata kalo gpedit.msc dan regedit juga hilang di windows/system32 nya gmn tuhhh??

  35. Aslm. Mksh…krna aq da copy paste file yg bs munculkn run yg hlng…stlh aq cb..alhmdlh brhsl…

  36. trims banget om bermangfaat sekali..

  37. mantap gan

  38. menu run udah berhasil gan di munculkan, tapi kenapa gk berfungsi???

  39. om mau nanya dong, icon shortcut di desktop ilang semua , terus di desktop ga bisa klik kanan unutk resresh, terus run ilang.. nah minta solusinya dong mas…
    thanks

  40. oiya satu lagi gan, ini drive C sama D juga ilang, search nya juga ilang.. aduh tolongin saya dong gan.. hehe
    thanks

  41. pa knp tamilan tersebut ga ada di windos saya???

  42. tolonggin aq donk gan
    run tidak muncul. . . .
    dan regedit disable by your admnistrator

    gimana nich gan…
    balas cept y Gan

  43. di C/Windows/system32 saya gak ada gpedit.msc yah ? gimana ?

  44. Pertamax…

  45. gimana munculkan menu google

  46. gan gimana cara munculin program and features di control panel
    saya pake XP sp3

  47. Mas gpedit atau gpedit.cms nya gak ada gmana ya?

  48. Makasi sobh . . . :D

  49. ane mw nanya:
    gmna si cara nampilin Menu_Run klo pke Cyber billing?
    tlong pengarahan’a guys.. thnx sblum’a.

  50. terima kasih bos, ane sudah berhasil

  51. gmna sich mas/mbak………..cara mengaktifkan kembali file yg kena sortcut………?mhon bantuanya contohnya punya saya billing kenak sortcut

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

