Konversi NIP baru – versi 18 digit

Hari ini ada sesuatu yang baru berkaitan dengan IDku yang selama ini hanya mengenal 9 digit akan diganti dengan 18 digit (gubrak !!! lha wong 9 digit aja gak apal, apalagi 18 digit … hihihihi )

Ceritanya pagi ini aku dapet selembar Petikan SK Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor : 000/KV/I/23300/KEP/2008 tentang Konversi NIP baru.

That’s right bro … jumlahnya 18 digit

Kalo gak salah sih ada aturannya yaitu Peraturan Kepala BKN No. 22 Tahun 2007 tentang Nomor Identitas PNS yang disingkat dengan NIP, dan peraturan Kepala BKN No. 43 tahun 2007 tentang Tata Cara Permintaan, Penetapan dan Penggunaan NIP.

Kalo sebelumnya NIPku : 5XX 1XX 6XX

Sekarang menjadi : 19YYMMDD AAAABB C DDD

Keterangannya :

19YY : Tahun kelahiran

MM : Bulan Kelahiran

DD : Tanggal Kelahiran

AAAA : Tahun Pengangkatan Pertama

BB : Bulan Pengangkatan Pertama

C : Jenis Kelamin

DDD : nomor urut pengangkatan

Untuk jenis kelamin :

1 : Laki-laki

2 : Wanita

About these ads

62 Responses

  1. Bagaimana caranya agar saya dapat mengetahui konversi NIP baru saya ? Nip lama saya 132021685

    • mohon bantuan mngetahui nip baruku

    • Mohon Dengan hormat.
      Saya bekerja di Pem. Kab. Rembang sampai saat ini belum terima NIP baru 18 digit.
      Data Nama Sunardi, SE, NIP.010210768, Tempat tanggal lahir, Grobogan 16 September 1964, TMT Capeg. 1 Oktober 1986.

      Terima kasih.

    • nip lama 130 680 920
      nip baru saya

    • Saya sudah ajukan permohononan NIP baru dari NIP lama yakni 15082216.Dah kumpulin fotocopi ijazah dln pada tahun 2009 Kok belum turun2

    • saya punya masalah yg sama, tapi kalau sekedar ingin tahu nip kita yg baru cukup datang ke Kantor Taspen di kota anda disana mereka online dgn BKN. waktu kartu taspen sy hilang sy urus di kantor Taspen menggunakan NIP lama tetapi mrk memberi tahu saya “kok blm pake nip baru?” sy bilang “blm punya” dan mrk lihat di komputer mrk dan menyebutkan NIP batu saya. selesai perkara
      tetapi untuk mendapatkan SK NIP baru samapai skrang sy juga blm punya SK nya. terima kasih.
      Gultom, S.Pd. (081 279 279 111/ 0819 279 79 111)

    • mohon batuan lihat nip baru dong ,nip lama 970 007 641

  2. Bagaimana caranya agar saya dapat mengetahui NIP baru

  3. Prosedurnya nanti setiap PNS / CPNS akan diberi SK NIP baru (kalo waktunya tiap daerah beda-beda pak, kebetulan tempat saya bulan ini udah keluar) mungkin ditempat Bapak akan segera didistribusikan ke tiap instansi

  4. pemberlakuannya mulai kapan? berarti NIP lama gak dipake lagi….?

  5. pemberlakuannya mungkin sekitar Maret – April, mungkin selama masa transisi NIP lama masih dipake.

  6. pemberlakuannya sejak tanggal ditetapkan Mas….

  7. Mas Vandoyo, di Kec.Brebes baru ada panggilan untuk mengambil NIP baru hasil konversi sesuai undangan Ka.UPTD Kec.Brebes No. 005/83/2009. Kalau boleh tahu apa sih keunggulan dari NIP hasil konversi ini dibandingkan yang lama.Trim’S

  8. nip 8 digit emang panjang tapi lebih mudah buat dimengerti oleh si pemilik NIP sendiri.. kalo mau nraktir temen2nya juga lebih gampang soalnya udah tau ultah dari NIP nya, hehehe

  9. untuk NIP baru versi 18 digit akan diberlakukan melalui beberapa tahap, berdasar info dari BKD Prov. Jateng NIP baru akan mulai diterapkan bulan April (masa transisi hingga Oktober 2009). Selama masa transisi ini NIP lama masih diperbolehkan digunakan. Setelah bulan Oktober, maka NIP baru sudah harus dipake tanpa NIP lama.
    Ngomong2 tentang keunggulannya (lagi2 ini info dari sumber di BKD Prov. Jateng) bahwa latar belakang munculnya NIP baru salah satunya untuk menata NIP yang ada di Indonesia, karena kondisi sekarang ini banyak PNS berNIP Departemen Pusat (contoh 010 xxx xxx) orangnya dimutasi ke daerah

  10. maksudnya no urut pengangkatan itu gmn pa? ngeliatnya dimn pa?

  11. aplikasinya dibuat sendiri di daerah kabupaten atau diberikan langsung oleh BKN

  12. pemaparan mengenai NIP 18 digit menurut saya sudah jelas tinggal cara pembuatan atau aplikasinya
    apa seperti SIMPTK NUPTK yang di berikan langsung dari pusat?atau dibuat manual di exel?baiknya segera di sosialisasikan didaerah-daerah.

  13. bagaimana cara melihat NIP yang baru.

  14. apa nip itu ada yang sama

  15. DI KANTOR SAYA ADA 3 ORANG YANG NIP BARU TIDAK KELIAR SALAH SATUNYA TERMASUK SAYA, BAGAIMANA BISA TERJADI DAN BAGAIMANA CARANYA AGAR SAYA PUNYA NIP BARU SEPERTI PEGAWAI YANG LAIN

  16. coba aja kontak ke BKD setempat

  17. Tujuannya tidak jelas….tidak material, kalo mau rapiin administrasi bukan gitu caranya. Kode instansi tidak keliatan lagi…BKN harus direformasi…

  18. ma’af saya mau tanya bagaimana caranya saya mengetahui NIP yang baru akan diterbitkan?trus bagiamana caranya mengetahu nomor urut pengangkatan. sblume makasih.

  19. sampai dengan saat ini nip baru saya belum ada/jadi,padahal sebagian besar telah terbit.Kemana saya harus ngecek bahwa nip baru saya telah ada?? pada hal saya sudah 23 tahun bekerja ,sedang yang baru kerja 5 – 10 tahun sudah terbit nip baru.

  20. mohon bantunnya, dari mana ya.. saya ingin lihat nip baru se-indonesia, supaya saya bisa ngecek.terimakasih

  21. coba bapak kunjungi situs http://www.bkn.go.id

  22. Pak… saya PNS pada Ditjen Hubla – Kantor Adpel Ambon.. pada NIP baru saya… TMT CPNS saya salah… harusnya 200502 bukan 200501.. pada NIP baru saya… gimana cara menggantinya pak??? terima kasih

  23. Sampai saat ini istri saya belum mempunyai NIP baru padahal waktu mengusulkan bersamaan dgn rekan lainnya, sudah kami cek Dinas Dinas Pendidikan Kota bandar lampung dan BKD Kota bandar lampung dan juga ke bkd Lampung selatan tidak ada juga, lalu kemana lagi harus mencarinya. NIP Lama istri saya 132232679 pekerjaan Guru DPK SMP Taman siswa Telukbetung, TMT Maret 1999 tgl lahir 11 Nopember 1972, apakah kami harus mengusulkan kembali agar bs dapat NIP baru, terima kasih

  24. Saya PNS pada Pemkab. Bogor. Sampai saat ini juga belum dapet NIP yang baru. Rekan-rekan yang lain sudah pada dapet semua. Kalo masa transisi hingga Oktober 2009,lalu bagaimana dg yang belum dapet NIP baru. Klo mau liat atau cek ke BKN apa ada di websitenya. Trims.

  25. tanggal lahir saya 1966 tapi stelah muncul NIP baru pada tanggal lahir 1962xxxx bagaimana untuk membetulkannya atas jawaban dan saran kamimucapkan terima kasih

    • SOP-nya sih, begitu terima SK dengan NIP baru langsung supaya dikoreksi, kalo ada pembetulan diserahkan ke bagian kepegawaian SKPD terkait atau BKD untuk proses ralat

  26. SK NIP baru saya telah tercecer. Gimana ya cara pengurusannya?

  27. Tolong donk, cari NIP Baru An, Ibnu Hasan, A.Ma.Pd, Nip Lama 131001113 dari Aceh Utara. Thx

  28. samapi detik ini SK nip baru saya belum juga nerima, dah saya konfermasi ke DIKNAS Kab.banyuwangi dan BKD juga belum juga kunjung ada, bahkan aku sudah mengajukan persyaratan untuk pengajuan baru. mohon bantuannya

  29. TOLONG CARIKAN NIP BARU AN, ABDUL MUIN,S.Pd. NIP LAMA 132162786 DARI KUTAI KARTANEGARA KALTIM

  30. Waktu saya tanya ke BKD ttg SK NIP baru yg tercecer, mereka mengatakan itu tdk perlu. Itu hanya merupakan pemberitahuan aja. Apa benar ya…? dan katanya di BKD tidak bisa di urus dan tidak ada pertinggalnya, pengurusannya hrs di Jakarta. Gimana ya? Saya tidak ada pertinggalnya. No urut saya tidak tau, tp NIP saya sudah tau hnya saja kesulitannya untuk perubahan NIP pad SK kenpang / gaji berkala.

  31. pada nip baru saya tahun lahirnya salah… saya sudah laporkan pada BKD ,tapi sampai sekarang belum dapat kiriman NIP baru yang benar

  32. saya mohon bantuan untuk mendapatkan NIP Baru saya guru SMA negeri waisala seram bagian barat
    Nip Lama : 630013732 terima kasih

  33. saya mohon bantuan untuk mendapatkan NIP Baru saya guru SMA negeri waisala seram bagian barat
    Nip Lama : 630013732 terima kasih an. Marce Laimena

  34. saya belum memiliki NIP baru. Bisa tidak ya mencarinya lewat web?,

  35. mohon dikirim beritahu nip baru guru dan karyawan tk negeri pembina nasional jakarta

  36. Nama saya: Nazamuddin, Nip lama 132216215, hingga sekarang saya belum memiliki Nip baru padahal saya sudah 2 kali mengurus permohonan nip baru melalui BKD, tolong beri tahu saya apakah nip baru dikeluarkan oleh BKN ataukah BKD masing2

    • kalo NIP sudah pasti yang ngeluarin BKN, namun untuk distribusinya tentunya melalui BKD setempat.
      Namun prosesnya juga memakan waktu, karena BKN mengurusi NIP seluruh Indonesia, baik untuk PNS maupun CPNS termasuk yang perbaikan NIP. sabar aja pak …

  37. arti nip lama apa ya

  38. Saya ingin tahu berapa nip baru saya. Nip lama saya 150282480. Terima kasih

  39. Yth. bapak/ibu/mas/mbak yang NIP barunya belum keluar silahkan hubungi Bagian Kepegawaian atau BKD setempat.

  40. NIP lama 131 724 438
    Berapa NIP baru saya ?

  41. Total PNS yg ada di Indonesia ada +-3000.000.., jd brsabar untk konversi.
    Tidak ada masalh mmakai dulu nip lama.,

  42. saya punya masalah yg sama, tapi kalau sekedar ingin tahu nip kita yg baru cukup datang ke Kantor Taspen di kota anda disana mereka online dgn BKN. waktu kartu taspen sy hilang sy urus di kantor Taspen menggunakan NIP lama tetapi mrk memberi tahu saya “kok blm pake nip baru?” sy bilang “blm punya” dan mrk lihat di komputer mrk dan menyebutkan NIP batu saya. selesai perkara
    tetapi untuk mendapatkan SK NIP baru samapai skrang sy juga blm punya SK nya. terima kasih.
    Gultom, S.Pd. (081 279 279 111/ 0819 279 79 111)

  43. mohon bantuan no urut nip baru an ANNA PININTA DAHLIA SILALAHI dgn NIP lama 131 928 719,NIP baru 196810191991012001

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: