IF ADENOID = Bernafas Secara Mulut + Tidur Mengorok (Sleep Apnea) + Penurunan Pendengaran THEN KONSULTASI KE DOKTER THT

800px-Anatomy_of_the_Human_Ear.svgJujur aja, saat ngeposting ini tulisan aku dalam kondisi lagi gak fit, terlebih setelah dokter spesialis THT memvonis kalau my sweet little angel “DHEA” mengalami pembengkakan adenoid.

Sebelumnya emang udah lama Dhea pas tidur mendengkur baik pas flu n pilek atau ataupun enggak. Katanya sih mendengkur istilah adalah sleep apnea yang diakibatkan oleh penyempitan pada saluran pernafasan secara periodik ketika tidur lah asal muasal dari suara dengkur tersebut. Memang, kelenjar limfa di saluran pernafasan hidung dan tengorokan acapkali membengkak ketika anak flu dan pilek. Akibatnya, aliran udara ke paru-paru pun menjadi tersendat dan si kecil biasanya terlelap dengan nafas yang berat.

Dan sebetulnya pak dokter udah ngasih tahu tentang seluk belum tentang adenoid, namun karena pikiranku lagi kalut so keesokan paginya udah gak inget lagi, untungnya ada Paman Google yang menyarankan untuk ngeliat beberapa artikel yang ada dibawah ini : (thanx bro n sista atas artikelnya, sengaja aku paste di blogku agar aku tetep inget tentang adenoid)
SEBENARNYA APA SIH ADENOID ITU?


Adenoids adalah suatu kelenjar yang sejenis dengan amandel yang melindungi 19716anak-anak dari serangan penyakit. Adenoid merupakan organ tubuh yang satu paket dengan amandel sehingga dalam penyebutannya seringkali disebut sebagai tonsil adenoid, kalau amandel letaknya di ujung mulut, adenoid berada di ujung terdalam dari hidung, yang merupakan titik pertemuan antara mulut dengan hidung.

Terletak dibelakang hidung dan di langit-langit mulut. Untuk melihatnya tidak semudah kita melihat amandel, seorang dokter membutuhkan cermin kecil atau sekup kecil khusus untuk mengintip adenoid.
Adenoid merupakan suatu bagian sistem kekebalan tubuh pada anak, berfungsi untuk menangkap penyebab infeksi seperti virus dan bakteri. Adenoid ini memproduksi antibodi sebagai benteng yang melindungi tubuh dari penyakit terutama yang berasal dari udara yang masuk melalui hidung.
adenoidsMeski sepertinya berbeda, tonsil dan adenoid sebenarnya satu yaitu amandel. Sejak bayi, dalam keadaan normal, amandel terus membesar hingga anak berumur 5-6 tahun. Tonsil bisa dengan mudah terlihat bila anak membuka mulutnya lebar-lebar. Sementara adenoid terletak pada dinding belakang tengah nasofaring yang di kanan dan kirinya. Adenoid terus membesar hingga anak berumur 3-4 tahun. Setelah itu ia akan mengecil dan akhirnya hilang sama sekali ketika anak berumur 12-13 tahun.
Seperti halnya amandel, adenoid akan membantu menjaga kesehatan tubuh kita dengan cara menangkap bakteri-bakteri dan virus-virus berbahaya yang masuk melalui udara. Adenoid juga mengandung sel-sel yang membuat antibody untuk melawan infeksi. Adenoid berperan penting sebagai pelawan infeksi pada bayi dan anak-anak. Tapi kemudian menjadi berkurang perannya pada saat anak-anak tersebut bertumbuh besar dan tubuhnya mulai membentuk antibodi untuk melawan bibit-bibit penyakit.
Beberapa dokter percaya bahwa adenoid tidaklah begitu penting setelah anak-anak mencapai usia 3 tahun. Kenyataannya adenoid akan mulai mengecil diusia 5 tahun bahkan bisa hilang sama sekali.
Pembengkakan pada “adenoid” dan amandel. Sehingga menyebabkan penyumbatan pada saluran pernapasan. Pada perkembangannya ternyata pembengkakan adenoid ini merupakan penyebab dari penyakit – penyakit lainnya pada putri kami, yaitu sinusitis dan infeksi pada gendang telinga.

Parahnya, pada saat terserang flu, penderitaan si kecil akan bertambah hebat, yang di akibatkan oleh HumanEarlendir yang dihasilkan oleh tubuhnya untuk melawan virus influenza tersebut tidak bisa keluar melalui hidung atau mulut karena terhambat oleh besarnya ukuran adenoid dan amandel akibat radang, sehingga lendir tersebut akan mengalir ke bagian gendang telinga yang bisa menimbulkan rasa sakit yang sangat hebat sehingga sepanjang malam putri kami tidak bisa tidur, dan ternyata juga menurunkan kualitas pendengarannya.

posisi adenoid

Pembesaran adenoid dapat menyumbat parsial atau total respirasi hidung sehingga terjadi ngorok, percakapan hiponasal, dan membuat anak akan terus bernapas melalui mulut.

lokasi adenoid

Anak akan mengalami gangguan konsentrasi akibat kekurangan oksigen, mudah mengantuk akibat tidur yang terganggu pada malam hari sehingga juga akan mengganggu prestasi belajarnya. Irawati Nina (1994) melaporkan satu kasus pembesaran adenoid dan tonsil yang menyebabkan terjadinya korpulmonal serta penyakit jantung kongestif.

PENYEBAB  :

Sebetulnya, apa penyebab radang tonsil-adenoid itu? Tak lain dan tak bukan ia sejenis bakteri berbentuk kokus. Ini terjadi lebih pada 50% dari kasus radang tonsil-adenoid akut.

pic_tonsil

Adapun cara penularan radang tonsil-adenoid akut melalui air ludah orang yang sedang menderita radang tonsil yang banyak mengandung bakteri. Pada anak-anak, lantaran imunitas tubuhnya belumlah sempurna, maka jika ia sekali saja pernah tertular radang tonsil, maka penyakit ini cenderung akan kambuh. Bahkan jadi kronis.

Sementara yang menyebabkan radang tonsil-adenoid kronis adalah bakteri golongan gram negatif dan bakteri berbentuk kokus.

GEJALA :

Gejala Radang Tonsil Adenoid Akut:
Rasa nyeri saat menelan, bahkan nyerinya hingga ke telinga
1. Rewel
2. Tak mau makan
3. Kelenjar getah bening yang terletak diantara dagu dan leher membengkak
4. Lesu
5. Nyeri sendi
6. Panas tinggi hingga 40 derajad celcius

Gejala Radang Tonsil Adenoid Kronis:
1. Timbul rasa mengganjal dan kering di tenggorok
2. Saat tidur mendengkur
3. Sulit bernafas
4. Bau mulut tak segar

Bila Anak Terserang Radang Tonsil Adenoid
1. Istirahat cukup
2. Tak banyak beraktifitas, selain memulihkan kondisi juga mencegah penularan ke anak atau saudara lain.
3. Beri antibiotik (sesuai saran dokter)
4. Beri penurun panas.
5. Kompres hangat pada leher dan dada anak 2 kali sehari.
6. Berkumur dengan air garam hangat 3-4 kali sehari.
7. Minum sari buah
KAPAN ADENOID PERLU DIPERHATIKAN?
Adenoid yang membesar adalah hal yang biasa. Ketika hal ini terjadi, amandel juga biasanya membesar. Adenoid yang membesar atau terinfeksi dapat membuat anak-anak susah bernafas dan menyebabkan hal-hal sebagai berikut:
” Hidung tersumbat, sehingga anak-anak hanya bisa bernapas lewat mulut.
” Mengorok saat tidur
” Tenggorokan sakit
” Kelenjar di leher membengkak
” Berkurangnya pendengaran
LANGKAH YANG PERLU DIAMBIL ?
Pada kasus my DHEA, langsung kubawa ke Dokter THT :
Dicek bagian leher, amandel dan sekitarnya. Begitu dia melihat ukuran tonsil(amandel) dan adenoid yang tidak normal, beliaunya mengecek telinga dengan alat seperti ini :

ear tool

yang ternyata gendang telinganya sudah membengkak.

lihat telinga 2

Emang keluhan yang keluar dari DHEA adalah telinga bagian dalam sakit banget, ternyata hasil diagnosa dokter adalah adenoidnya membesar sehingga menutup saluran pernafasan sementara amandelnya malahan normal aja. Sehingga tidak bisa bernafas melalui hidung tapi melalui mulut, sementara DHEA lagi kena flu dan pilek sehingga ada cairan yang menumpuk ke bagian dalam telinga yang tertahan oleh gendang telinga yang kalo dalam kondisi normal berwarna putih, namun kemaren malem berwarna merah kayak jerawat yang mau meletus, nah hal ini yang menyebabkan telinga DHEA terasa sakit dan mengalami penurunan fungsi pendengaran. Wadhuhhhhh ….
SARAN DOKTER :
Langkah pertama adalah pemberian obat”an untuk mengurasi rasa sakit di telinga, mengurangi pembesaran adenoid dan menyembuhkan flu n pileknya.
Setelah itu, kontrol lagi untuk melihat kondisi adenoidnya, apakah cukup pengobatan rutin aja atokah bisa untuk persiapan operasi.
Tentang operasi ini, informasinya adalah untuk pengambilan adenoidnya yang sebetulnya adalah adenoid dikerok agar saluran pernafasan tidak terganggu, pada proses ini, amandel bisa sekalian dipantau (apabila memang  mengganggu maka diambil juga), Istilah medisnya yaitu ADENOIDEKTOMI yang prosesnya sekitar 10-15 menit saja dan pemulihannya sekitar 3 hari.

oh … ya kata pak dokter, ini sebetulnya operasi ringan, ak coba browsing di  Google tentang how about adenoidektomi, diantaranya seperti apa sih piranti operasinya, yang ternyata seperti gambar dibawah ini :

disposable adenoid currettes

—————————

Postingan ini aku ambil dari beberapa artikel, untuk itu aku haturkan thanx a lot untuk :

Pak Dokter Miralza Diza yang menulis via blog tentang mendengkur atau mengorok
Infogue! Your Social Portal Jangan Sepelekan Gangguan Tidur pada Anak
Ibu wulanAdenoid pada matahari kecilku
Pak Iwan Mahendra Radang Adenoid
Pak Irwan Ashari –  Pembesaran Adenoid

About these ads

114 Responses

  1. terima kasih infonya mas vandoyo, smga saat ini dhea sdh sembuh n sehat lg…
    si kecilku, zaidan, 5 tahun kmrn jg baru didiagnosa doktr tht-nya , sinusitis maksillaris ethmoidalis bilateral, adenoid hypertrophy.., doktrnya bilang, belum prlu operasi.., selama ini anakku gak trganggu, hnya alergi dingin(es), gmpang pilek n akhir2 ini bobo’e ngorok…. makanya aku nyari2 info trs ttng ini. smga si kecilku baik2 saja.. salam manis utk dhea….

  2. Mksh banget infonya. Si Kecil (5 tahun) lg sakit. Panas hingga 39,3 derajat. Tidurnya tiba-tiba aja ngorok. Bingung bgt. Mana kami tinggal di daerah yg ga ada THT nya.

  3. anakku bulan Oktober 09, usia 4.5 thn dioperasi adenoidnya, setelah itu nafasnya lancar.. sampe sebulan belakangan kok kambuh lagi :-(
    mau nge-cek ke THT lagi sore ini… mudah2an hasilnya baik2 saja..
    Sebetulnya apakah adenoid yg sudah dioperasi masih bisa membesar lagi?

  4. Terima kasih banyak atas info tentang adennoid ini. Anak saya, Akbar, 10 thn, mengalami hal yg serupa dengan putri anda. Hanya saja sepanjang pengamatan saya, dia belum sampai mengalami gangguan pendengaran. Namun pembengkakan adenoidnya membuat dia merasa pusing. Saya pikir awalnya, pusingnya itu karena radang tenggorokan yg dideritanya tiga minggu yang lalu. Namun sekarang saya mengerti, hal itu karena tidurnya yang terganggu akibta pernafasannya sering sekali terhenti saat ia tidur. Sehingga, meskipun ia tidur, namun sering sekali terbangun karena dengkurannya.
    Anyway, dengan informasi dari anda, saya sekarang lebih paham tentang masalah Akbar. Saya berniat mencari dokter tht anak, karena dokter tht terdekat yg pernah saya datangi (krn problem sinus saya) kurang komunikatif dan informatif. Jadi, doakan ya, saya bertemu dokter yang tepat untuk anak saya.
    Salam untuk keluarga. Semoga kita semua selalu diberkati dengan nikmat kesehatan oleh YME. Amiin.

  5. Amien. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya dan telah berbagi cerita, semoga bisa menjadi referensi bagi para orang tua yang mengalami hal serupa.
    Salam untuk keluarga juga.

  6. Anak saya berumur 5 tahun 8 bulan. Kata dokter anak saya juga mengalami pembengkaan adonoid sehingga lebih baik dioperasi. Dari pantauan saya, anak saya selalu tidur nyenyak meskipun kadang2 mendengkur dan nafasnya seperti terasa berat dan berdesah. Sejauh ini anak saya tidak mengeluh sakit, kadang2 batuk/ pilek akibat perubahan cuaca/ tertular dari temen di sekolah. Saya masih ragu2 apakah anak saya benar2 memerlukan operasi atau tidak? Mohon advicenya, Tks

    • sebelumnya, matur nuwun udah berkunjung ke blog saya, sekedar informasi, anak saya persis 1 minggu yang lalu terpaksa harus operasi pengambilan adenoid dan amandel di rs kasih ibu solo.
      keputusan ini terpaksa saya ambil mengingat pembengkakan adenoid sudah mempengaruhi pendengaran sehingga mengganggu kegiatan pembelajaran. (nanti aku buatin postingannya)

  7. Alhamdulillah akhirnya saya ketemu teman untuk berbagi cerita tentang anak. Anak saya 10 thn, jg mengalami pembengkakan amandel, adenoid dan sedikit sinus di pipi n sekitar mata. Telinga bagian dalam jg meradang dan berlendir. Sy sdh ke dokter THT, diberi obat, sembuh, seminggu kmdn sakit lg, minum obat, begitulah sdh berlangsung 3 bln.
    Tp yg sangat sy khawatirkan, saya sering mendapatkan anak sy agak terdiam beberapa saat (sktr 4 dtk) dan tidak mendengar apa yg saya katakan. Dalam pemantauan sy, sepertinya ini terjadi saat dia menelan ludah. Apakh gangguan pendengaran yg dialami Dhea sprt ini jg ?
    Thanks b4, salam sy buat Dhea, smg skrng sdh sembuh.

  8. matur nuwun telah berkunjung ke blog saya, gejala yang dialami oleh putra/putri panjenengan persis sama dengan yang dialami Dhea, tidur ngorok, ngomong agak bindheng (sengau), sering pilek tapi gak bisa keluar, telinga sering berlendir, agak tuli.
    Beberapa dokter THT (saya mencari second opinion) kebanyakan menyarankan operasi, karena bisa menyebar ke (daerah) otak. Sehingga kemaren tanggal 20 April 2010, saya kuat2in hati (gak tega sih) untuk operasi pengangkatan adenoid …. hasilnya = suaranya nyaring, pendengaran normal abies, tidak ngorok lagi.
    hingga hari ini (29 April 2010) – kelihatan normal dan sehat (mudah2an seterusnya begitu).
    ya kalo boleh saya kasih saran … coba pikirkan tentang operasi pengambilan adenoid. (nanti akan saya tulis di blog ini)

    • pak, perkenalkan, saya dwi wiyana, wartawan kesehatan majalah tempo jakarta. Kami akan menulis tentang obstructive sleep apnea syndrome, gangguan tidur yang berat karena terjadi penyumbatan jalan nafas yang ditandai dengan tidur saat mengorok. Penyebabnya, antara lain, adalah adenoid. Saya tertarik untuk mengetahui pengalaman anak Anda dan penanganan medis yang telah dijalani. Bila berkenan, mohon bisa berbagi nomer kontak ke wiyanadwi@yahoo.co.id. Terima kasih.. Salam…

  9. Terima kasih Pak Vandoyo telah berbagi pengalaman.. Sarannya akan sy pertimbangkan..sambil terus memantau perkembangan putri sy dan mempersiapkan mentalnya jg.. Saya tunggu tulisan mengenai operasinya ya.. Salam buat keluarga.

  10. Anak aya berumur 10 thn, 3 thn yg lalu memang sudah terdeteksi bahwa adenoid-nya membesar, dan oleh Dr. dapat diatasi, namun akhir-akhir ini anak saya lagi-lagi tidur mendekur dan pilek tak kunjung sembuh, saya bawa lagi untuk cek ke dr. dan ternyata betul, adenoid-nya membengkak lagi. yang menjadi pertanyaan saya dan istri apa pemicu pembengkakan kembali adenoid tsb? memang saya belum tanyakan ke dr. barang kali teman-teman dapat membantu saya penyebab timbulnya pembengkakan adenoid tsb, karena anak saya sdh umur 10 thn.
    sebelumnya terima kasih banyak untuk mas vandoyo yang sudi berbagi informasi melalui blognya. dan sangat bermanfaat bagi para orang tua. salam

    • Sebelumnya, terima kasih telah berkunjung ke blog saya ini.
      Tentang pemicu, nah berdasarkan apa yang telah saya alami, setelah operasi dan kontrol, anak saya dirujuk untuk tes alergi (dari sini saya menyimpulkan bahwa adenoid membengkak salah satunya karena alergi, bisa udara dingin, asupan makanan ataupun minuman dll).
      Tgl. 30 April 2010 yang lalu, anak saya tes alergi (ambil darah) di prodia (hihihi bukan promosi lho … tapi karena rujukan dokternya disuruh ke prodia), hasilnya tanggal 3 Mei 2010 (sore) udah jadi dan langsung kontrol ke dokter, ternyata anak saya masuk kategori alergi tinggi, sehingga perlu dirawat jalan kurang lebih 1 bulan. sekarang masih proses pengobatan. Bulan juni dijadwalkan untuk kontrol lagi.

  11. Thank you mas Vandoyo, semoga semuanya lekas sembuh.

  12. bagaimana keadaan Dhea pasca operasi adenoid Pak Vandoyo. Anak pertama sy seperti nya di diagnosa dokter THT adenoid besar, sinusitis dan sudah kena gendang telinga (glue ear). Tapi sejauh ini pendengaran (dites) ok aja. kata dokter harus operasi dan nanti dipasang alat (shepard tube) dan alat ini akanlepas sendiri seiring berkembangnya gendang telinga. Apakah ada info seperti ini juga utk Dhea? Saya masih cari second opinion, karena masih bimbang utk operasi. Sebelumnya apakah Dhea saat makan ada kesulitan menelan , sulit bernapas juga saat mengunyah dan menelan makanan. Berhub anak ke2 saya ada gejala seperti itu. Terima kasih sebelumnya utk Pak Vandoyo tuk sharing yang sangat bermanfaat ini

    • sebelumnya terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, kondisi dhea pasca operasi / adenoidektomi sudah normal, sudah beraktivitas seperti biasa, cuman masih minum obat untuk pengobatan jalan terkait alergi-nya yang ternyata cukup tinggi (hasil tes alerginya pada angka 57 yang sangat memungkinkan sebagai penyebab pembesaran adenoid). sewaktu sebelum operasi, saat adenoidnya bengkak, sudah pasti kena gendang telinga, kata dokter sih kenanya gendang telinga akibat efek langsung dari tersumbatnya saluran pernafasan.
      Dulu gejalanya sama : sakit sewaktu menelan / mengunyah makanan, susah bernafas sudah menjadi aktvitas dhea (sebelum operasi), bahkan kami selalu berjaga kalo malam untuk mengantisipasi sleep apnea (tersedak akibat penggunaan mulut untuk bernafas).
      Sebetulnya kami juga gak tega untuk mengoperasi, namun setelah mendapat second opinion dari banyak pihak (internet, temen, perawat dan dokter) untuk operasi hasilnya sekarang dhea sudah normal (tidak sakit untuk menelan, tidak susah nafas, telinga tidak sakit lagi).
      silahkan untuk melihat tulisan saya tentang adenoidektomi dhea di http://vandoyo.wordpress.com/2010/05/05/kesehatan-the-series-part-5-akhirnya-if-harus-operasi-pengangkatan-adenoid-then-adenoidektomi/

      • terima kasih ya Pak atas balasannya. Tapi Dhea tidak dipasang alat kecil ya? kalo gak salah fungsinya utk mengeluarkan cairan di telinganya, yang bisa lepas sendiri kurang lebih setahun. Ini yang buat saya khawatir.
        O’iya pak, kalo menurut dokternya ada kemungkinan gak kalo kita konsumsi banyak vit c, adenoid dan segala efeknya bisa membaik dgn sendirinya. seiring dengan bertambahnya umur. Dhea usia brp ya pak?
        Mudah2an Dhea sehat terus ya, dan gak ada keluhan lagi
        Tks

    • Sedikit berbagi pengalaman, anak saya Alvin, menjalani ATE 30 Juni 2010 di usianya 5 thn 8 bulan. Sebelum memutuskan operasi saya sudah mendatangi 4 dokter SpTHT senior & ternama di kota tempat tinggal saya, Surabaya. Saya dan suami akhirnya memutuskan operasi ATE Alvin setelah konsul dgn dokter yg ke 5, 24 Juni 2010, krn pada saat itu sudah ada cairan di telinga Alvin. Sebenarnya pembengkakan adenoidnya sudah terdeteksi oleh dokter ke 1 pada saat Alvin usia 3 thn, waktu itu keluhannya tidur mendengkur. Lalu di lakukan rontgen hidung, dan adenoidnya memang besar. Saat itu dokter menyarankan untuk operasi, tetapi saya tidak percaya, saya pilih pengobatan saja..sejak itu Alvin sering panas tinggi krn radang tenggorokan. Lalu saya membawa ALvin ke dokter ke 2, dokter ini mengatakan tidak perlu operasi krn nafasnya masih normal, tidak terlalu parah, meski pada saat itu Alvin sudah bernafas lewat mulut, bukan lewat hidung. Lega hati ini rasanya.. Tapi lagi-lagi radang ternggorokan di sertai demam tinggi terjadi, saya menbawanya ke dokter yg ke 3, di lakukan rontgen lagi, kali ini adenoid & amandel semuanya membesar, saran dokter ke 3, operasi ATE. Krn dgn kondisi sudah adenoid & amandel sebesar itu, tidak mungkin akan mengecil lagi meskipun radangnya sdh membaik. Tapi lagi-lagi saya bertahan untuk obat jalan. Hingga pada Agustus 2009 Alvin panas tinggi dgn radang tenggorokan lagi. Kembali oleh dokter ke 3 di lakukan rontgen, dan adenoidnya sudah menutup semua saluran nafas di hidung. Alvin sepenuh bernafas dgn mulut. Itu artinya Alvin keseharian tidak bisa mengatupkan bibirnya, krn mulutnya harus selalu terbuka untuk saluran nafas. Lalu ketika radangnya sembuh, saya bermaksud untuk menjalani operasi saja, tetapi biaya jadi pertimbangan juga, perkiraan waktu itu untuk ruangan kelas III rumah sakit swasta biayanya sekitar 15-18jt. Tetapi saya masih belum menyerah juga, berharap tidak perlu operasi.
      Saya membawa Alvin ke dokter yang ke 4, sarannya juga sama; operasi ATE, tetapi masih bisa di tunda, tunggu sampai usianya 6-7 thn, lagi-lagi hati ini sedikit lega.. Sejak itu kami menjaga Alvin ekstra ketat, makan ini tidak boleh, itu tidak boleh, terutama gorengan & es, Alvin mungkin sangat menderita dgn larangan2 itu, tapi apa boleh buat, ini untuk kebaikannya. Hingga akhirnya 10 bulan radangnya tidak kambuh..meskipun tidurnya masih mendengkur & bernafas dengan mulut, hidungnya sdh tidak berfungsi lagi untuk bernafas. Hingga akhirnya pertengahan Juni 2010, Alvin panas tinggi dan radang tenggorokan lagi saya membawanya ke dokter ke 5. Pada kondisi ini, amandelnya sdh pada tingkat pembesaran T4 untuk org normal amandel besarnya T1, lalu diperiksa telinganya dgn alat, sudah ada cairannya.. Akhirnya saat itu juga saya dan suami menyerah, operasi ATE adalah jalan terakhir. Saat saya tulis pengalaman ini adalah hari ke 4 Alvin selesai operasi, dia sudah bermain spt biasa, minum banyak es krim, dan yg membuat saya menangis bahagia, Alvin bisa tidur nyenyak, nafasnya ringan, full bernafas dgn hidung, dan mulutnya bisa tertutup seperti anak-anak normal.. Operasinya berjalan 1 jam saja, Di rumah sakit hanya 2 malam. Masuk hari senin sore, operasi selasa pagi, rabu siang udah pulang. Demikianlah, sedikit pengalam, semoga bermanfaat…

      • Halo mau tanya gmn kondisi alvin skg.? Mudah2an sehat terus yah. Anak saya skg jg punya masalah yg hampir sama dgn alvin.

    • Maaf, saya ingin berbagi informasi aja, yang saya dapatkan dr dokter yg melakukan operasi ATE pada anak saya Alvin.
      Pemeriksaan terakhir sebelum di operasi, kondisi telinga Alvin sudah ada cairannya, tapi cairan tersebut BELUM menjadi pekat/kental, BELUM berbentuk seperti lem, sehingga bisa di bersihkan bersamaan pada saat operasi ATE tanpa hrs di pasang alat kecil. Alat kecil yg Bp maksud, akan di pasangkan di telinga bersamaan pada saat operasi ATE, apabila cairan di telinga sudah terbentuk seperti lem.
      Terima Kasih, semoga bermanfaat.

      • Ibu Ida<,tks sharingnya,apakah saya bisa minta nomor telepon ibu untuk sharing lebih lanjut karena saya jg ada di sby tks

  13. kalo dhea tidak dipasang alat kecil, cuman memang kalo pas adenoidnya membengkak, maka cairan yang ada di hidung masuk ke telinga, sehingga gendang telinganya bengkak – trus pendengarannya berkurang, Solusinya kalo pas adenoid bengkak, ya cuman mengkonsumsi obat dari dokter THT (bayangkan kalo rutin seperti itu … kasian dicekokin obat kimia terus).
    kalo kata dokternya, adenoid bengkak karena adanya penurunan fungsi kekebalan tubuh.
    Supaya gak kambuh, ya jangan sampe tubuhnya ngedrop antara lain dengan :
    diet makanan / minuman, banyak istirahat, menghindari alergi (debu / suhu dingin dll).
    Trus untuk seiring pertambahan usia, rongga pernafasan akan membesar (pertumbuhan tubuh/badan) sehingga efek penyumbatan dari adenoid tidak begitu kerasa.
    Dhea sendiri sekarang usianya 6 bulan 10 bulan, kata salah satu dokter THT biasanya setelah usia 12 tahun akan normal kembali sesuai pertumbuhan badannya

    • duh…kasihan memang ya kalo tp drop harus minum obat terus. Berarti kunci utamanya memang harus jaga daya tahan tubuhnya ya.. Tapi repot juga ya pak, kaya anak sy nih tp pagi pasti bersin2 terus, alergi debu juga. Padahal makan udah dikontrol.

      O’iya pak, sy lagi ke dokter lain utk second opinion. Sekarang lagi di periksa darah dulu. ASTO dan Ige total. Dokternya blm bilang operasi sebelum lihat hasil darah. Katanya di tes alergi. Dhea di tes jenis alergi apa aja gak?? Yang kalo gak salah yang ditusuk2 itu deh.
      Dhea ada sinusitis juga gak pak?

      sebelumnya terima kasih ya pak, atas kesediaanya untuk sharing.

      • setelah operasi, anak saya – dhea diperiksa IGE (yang ternyata ditusuk only one tusukan), hasilnya alergi dhea cukup tinggi, utk sementara disarankan untuk mengkonsumsi anti alergi selama 1 bulan ini. Untuk sinusitisnya tidak ada.

    • Kelupaan tanya Pak, seandainya cairan hidung masuk ke telinga, bagaimana caranya ya untuk mengeluarkan cairannya? Apakah setelah operasi adenoid, otomatis cairan telinga bisa keluar?
      Maaf ya Pak, jadi banyak tanya2 nih.
      Tks

      • sewaktu (dulu) dhea mengalami pembengkakan adenoid yang mengimpak ke masuknya cairan ke telinga – dari dokter cuman dikasih obat. satu dua hari kemudian normal kembali.
        Pasca operasi, sejauh ini (mudah2an seterusnya) tidak ada keluhan tentang telinga sakit tuh …

  14. ya deh, paling tidak saya bisa tanyakan juga utk hal telinga ini. Jika mungkin pake obat aja. Ngeri ya kalo operasi segala.
    Alhamdullilah semoga Dhea selalu dalam keadaan sehat terus ya.
    Salam utk Dhea ya Pak.

    tks
    Fience

  15. bisa minta tolong nama dokternya dan alamatanya saya di surabaya kalau bisa juga nomer teleponnya

  16. mau nanyaaa emang setelah adenoid diangkad (operasi) apa yaaa efek sampingnyaa…
    truss emang bener adenoid ithu bisa menyebabkan sinusitis

    masalahnya saya juga abis di operasii
    awalnyaa emang flu dan batuk 3 bulan
    sehingga telinga gak berfungsi dengan baik
    pas ke THT ternyata harus di operasii ( bulan 2)
    beberapa bulan kemudian kuping saya keluar air lagii
    pas check ke THT katanya harus operasi adenoid + tonsil( bulan ini)
    tapii kok abis operasi masih keluar cairan ya dari kuping

    bagaimana proses penyembuhanannya

    trimakasie

  17. tanx infonya….
    anak aku umur 4 thn dan kata dokter harus operasi dg diangkatnya amandel, tapi apa bisa amandelnya tdk diangkat? atau perlukah operasi adenoid?

  18. saya menjual alat kedokteran sama seperti gambar yang di atas.
    kalo anda berminat hubungi saya.

  19. Saya sgt terbantu dgn info ttg adenoid di blog ini. Trimakasih banyak mas. Saat ini putra pertama kami jg (saja divonis ada pembengkakan adenoid. Sedih dan bingung sambil terus googling untk dpt info lbh detail krn kami takut mendengar kata operasi itu. Tadinya kami akan coba cara alternatif tp sepertinya tindakan operasi jg tdk terlalu buruk demi kesembuhan buah hati kami tercinta.
    Sekali lagi terimakasih krn compile an informasi ini sgt membantu dan komunikatif.

    • sip pak doddy … semoga pengalaman kami bisa membantu dan bermanfaat bagi bapak sekeluarga atau siapapun. dan terima kasih atas kunjungan di blog saya. semoga putra bapak doddy bisa segera sehat kembali.

  20. Seneng banget bisa baca banyak pengalaman para orang tua. Putri saya juga divonis adenoid kronis dan harus dioperasi minggu depan. Yang saya khawatirkan, apa kah setelah dilakukan operasi, anak saya bisa benar2 sehat. Karena anak saya sudah 1 tahun flu tak kunjung hilang.

    • semoga operasinya lancar dan sukses, sebagai tambahan konfirmasi ulang kepada tim medis ttg kemungkinan munculnya adenoid lagi di kemudian krn ada beberapa kasus seperti itu

  21. akhirnya saya mendapatkan info tentang edenoid thanks a lot, anak saya juga mengalami adenoid tapi untuk operasi ngebayanginnya aja ngeri, sebenarnya kasihan melihatnya hampir setiap bulan minum obat karena batuk gara-gara hidung tersumbat yang menyebabkan tenggorokannya meradang dan badan panas tinggi

  22. makasih banyak Pak sudah bersedia berbagi info tentang adenoid, anak saya umur 3,5 tahun juga mengalami adenoid hipertrofi dan sudah disarankan utnuk operasi. tapi saya masih belum tega…. dan sedang menguatkan hati untuk mengambil keputusan yang etrbaik……

  23. Saya akan share tentang anak saya (Rava) sekarang 5,5 tahun yang terkena radang Adenoid. Pertama diketahui ketika dia berusia 3 tahun, gejalanya sama seperti yang disebutkan oleh beberapa kasus di blog ini. Hampir setiap bulan kambuh semakin lama semakin sering. JIka tidur selalu mendengkur dan bahkan terhenti beberapa saat semakin lama semakin panjang waktu berhenti nafasnya. Setelah konsultasi pada beberapa dokter, akhirnya dirujuk ke RS Proklamasi (khusus THT) di Jakarta. Di RS tersebut sempat mencari second opinion dari 2 dokter. AKhirnya diputuskan OPERASI ketika berumur 3,5 tahun (kira-kira 2 tahun lalu). 1,5 tahun setelah menjalani operasi tersebut adenoidnya membesar kembali (menurut dokter kemungkinan itu bisa terjadi). Sampai saat ini belum dilakukan tindakan lebih lanjut mengenai kambuhannya. Kalau sakit panas, saat ini langsung konsul ke dokter THT. Saat ini dokter tidak menyarankan untuk operasi kembali.

  24. anak saya skrg usianya 2 thn 5 bln. blm pernah k tht.
    sekrg panas dan hidungnya mengeluarkan lendir kental berwarna kuning. tidurnya ngorok… klu sampai
    gejala adenoid lah penyebabnya rasanya sy msh tidak tega jika hrs operasi..
    Saya akan coba koknsultasikan k dr. spesialis…
    Mana yang lebih tepat? spesialis anak atau tht?

  25. hari kamis ini putra saya akan operasi adenoid dan amandel, padahal hanya adenoidnya aja yang bengkak sedangkan amandelnya tidak, kalau adenoidnya diangkat apa amandelnya juga harus diangkat ya?

    • ibu evi, terima kasih telah berkunjung ke blog saya, dulu waktu anak saya operasi adenoid, amandelnya sekalian diangkat karena ternyata ikutan bengkak sehingga sekalian aja diangkat (setelah operasi, anak saya tidak ada masalah tuh bu), coba konsul aja ke dokternya bu, apakah lokasinya berdekatan dengan adenoid sehingga harus diangkat … semoga operasinya lancar

  26. Anak saya Vinc(10 tahun) kalau tidur telentang juga ngorok , shg harus tidur miring.
    Tapi dia jarang sakit pilek yang sampe mengeluarkan lendir kental dan tidak
    pernah mengeluh sakit telinga .
    Pernah ke dokter THT (first opinion) dan bilang amandelnya besar dan
    harus dioperasi ( tapi tidak menyinggung ttg adenoid)
    Terus ke dokter THT yang lain (second opinion) dilihat telinganya pake
    alat spt di atas ( apa namanya……) dan hasilnya cukup bagus, jadi tidak perlu
    operasi angkat amandel.
    Cukup dgn pengobatan antibiotik saja kalo tenggorokannya meradang (gak sering sakit sih…., karena daya tahan tubuhnya bagus
    Cuman yg saya kasihan sama anakku kalo tidur gak bisa nyenyak. Karena kadang-kadang napas berhenti sesaat saat ngorok dan terganggu tidurnya.
    Apa penyebabnya adenoid juga yah……..? Apa ada obat yang bagus untuk gangguan
    adenoid tsb selain operasi ?

    • Ibu Meliana, terima kasih telah berkunjung ke blog saya, memang agak beda kasusnya dengan putra ibu ya, mungkin lebih baik dilakukan rontgen untuk mengetahui apakah kondisi adenoidnya dalam batas normal atau tidak. Dulu sewaktu anak saya hendak dioperasi dari hasil rontgen terlihat bahwa adenoidnya cukup gedhe sehingga menyisakan saluran pernafasan sekitar 2 mm yang tentunya sangat menggangu proses pernafasan sehingga saat itu saya ambil keputusan untuk dilakukan operasi saja.
      Kalo obat laen selain operasi … wah saya kurang tahu bu … maybe third opinion-nya ya pengobatan alternatif (kalo ibu yakin lo …. ) mudah2an putranya cepet sembuh bu …

  27. putra saya jadi diop adenoid dan tonsil hari jumat tanggal 09 Juni 2011, terkadang ada perasaan bersalah terhadap dia dan ada perasaan menyesal mengoperasikannya karena melihat tonsilnya yang sudah tidak ada semoga kedepannya tidak terjadi apa2 terhadapnya karena tonsil yang sudah tidak ada karena tonsil itu sendiri berguna bagi tubuh. Setelah op ini anak saya tetap susah bernafas malam karena sinus yang menyumbat jalan pernafasannya dan dia ada alergi, langkah apalagi yang harus saya tempuh ya.
    oya, setelah putri bapak di buang tonsilnya, gimana kondisinya sekarang dan makanan apa aja yang pantang baginya gimana dengan makanan ringan yang banyak mengadung MSG sedangkan anak saya suka sekali makan-makanan ringan yang banyak mengadung MSG

  28. oya pak, saya lupa ngucapain terima kasih atas jawaban-jawabannya

    • oh ya saya lupa bu, setelah operasi anak saya, dokter berpesan bahwa pasca operasi membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan untuk menjaga asupan makanannya, termasuk makanan ringan yang banyak mengandung msg, namun setelah melewati 6 bulan, anak saya Alhamdulillah normal kembali hanya kalo kecapekan fisiknya menurun, langsung dech kena flu, tapi beda jauh kondisinya dengan sebelum operasi. Dulu kondisi DHEA juga sama setelah operasi, masih susah nafas, tapi lama kelamaan normal kembali (maybe saluran pernafasannya membutuhkan adaptasi dulu). Yang jelas mudah2an putra Ibu cepat sembuh.

      • Selamat siang pak, salam kenal & makasih infonya, anak saya raditya umur 2,7 th, sudah 2 bulan ini kalau tidur ngorok & nafasnya susah, saya sudah ke dr THT, & diberikan obat nasal ( semprot hidung ) tapi tidak pengaruh apa2, nafasnya kalau tidur tetap susah, bahkan karena bernafasnya pakai mulut jadinya mulutnya kering, batuk & kadang sampai muntah. menurut dr THT kalau amandel & adenoidnya
        besar sekali & disarankan operasi, tapi saya takut karena umur anak saya masih kecil, saya mau menayakan, apakah waktu operasi dr THT didampingi oleh dr anak pak?? apakah pasca operasi anaknya nangis2 terus krn pengaruh obat bius sudah habis??? terima kasih.

  29. terima kasih atas kunjungan ibu ke blog saya ini, dulu anak saya saat operasi didampingi oleh dr anak, lalu pasca operasi anak saya memang sempat mengeluh sakit di tenggorokan (katanya untuk menelan ludah agak susah) namun gak lama kemudian udah terbiasa bu …

    • terima kasih pak atas jawabannya, bagaimana keadaan Dea skr pak? dulu waktu dea operasi adenoid & amandel ya pak?

      • dulu waktu pengangkatan adenoid-nya ternyata amandelnya juga membengkak shg dua-duanya diangkat sekalian, sekarang keadaan dhea udah normal, tidak mengalami sleep apnea lagi, bernafas udah pake hidung, tapi tetep saya batasi aktivitasnya supaya tidak kecape’an, lalu vitamin saya sediakan setiap hari,

  30. maaf pak, kalau saya banyak bertanya, dulu dea dioperasi umur berapa? apakah dea sebelum operasi juga mengalami gangguan pernafasan, bernafas tidak melalui hidung tapi mulut? dari dea didiagnosa adenoid butuh waktu berapa lama sampai bapak memutuskan untuk operasi? karena saya takut setelah membaca artikel2 tentang adenioid, kalau dibiarkan anak tidur bernafas dengan mulut, lama2 anak mulutnya terbuka terus krn rahang atasnya naik,
    ( faces adenoid ) tapi kalau harus operasi skr saya belum tega karena radit masih sangat kecil, terima kasih sblmnya atas jwbnya pak.

  31. anak saya 11 thn akhir2 ini tidur nya kurang nyenyak dan bernafas melalui mulut tapi kalau tidur miring agak pulas sih .anak saya juga punya amandel tapi gak ada keluhan dan berat badan anak saya lebih kurang 28kg tapi tinggi badannya lambat sekali naik sekarang kira kira 120cm yang ingin saya tanyakan apakah pada saat tidur anak saya menggunakan mulut itu karena adanya adenoid akhir2 ini telinga anak saya juga suka berair hidungnya juga seperti tersumbat apakah itu sudah parah sekali pak apakah anak saya perlu dioperasi terimakasih sebelumnya atas jawaban bpk.

    • terima kasih bu atas kunjungan ibu ke blog saya, kalo berdasarkan apa yang pernah dialami oleh anak saya bisa juga adenoid putra/i ibu membesar sehingga mengganggu saluran pernafasan. saran saya, coba dibawa ke ahlinya yaitu dokter THT yang tentunya memiliki piranti yang lebih lengkap, bahkan mungkin akan disarankan untuk rontgen agar lebih valid dan ilmiah (dari hasil rontgen akan diketahui rasio pembesaran adenoidnya masih dibawah atau diatas normal. Untuk operasi, dulu saya berpikir 1000 x mengingat anak saya saat itu masih berumur 6 tahunan, namun mengingat betapa susahnya bernafas saat tidur, akhirnya kami memantapkan hati untuk mengangkat adenoid seklaigus amandelnya.

  32. putri kami mengalami hal serupa dengan putri anda sudah hampir setahun lebih beobat batuk pilek dan berganti-ganti dokter umum sampai kedokter THT baru setelah dokter THT yang ketiga baru bisa diputuskan bahwa putri saya harus menjalani operasi, tapi saya tidak khawatir karna saya pikir ini yang saya harapkan agar putri saya cepat sembuh dari penderiataannya yang setiap malam tidur nya ngorok dan mudah batuk pilek, terima kasih atas semua infonya ya pak, karena kamis besok anak saya akan menjalani operasi adenoid dan amandel namun saya ingin tahu bagaimana keadaan putri bapak setelah menjalani operasi terimakasih sebelumnya.

  33. Pak mohon ijin untuk copas dan taro di blog saya…
    Kemarin baru periksa si kecil yang kemungkinan juga ada adenoid….

  34. Artikel yg bapak tulis sdh cukup jls bagi kami karena ank kami jg disarankan dokter utk operasi adenoid skrg umur 6th sebab adenoidnya sdh cukup besar, cuma kami msh bimbang utk memutuskan ya dioperasi, utk anknya sendiri tegar sptnya sdh siap operasi.klau umpayanya kita pertahankan tdk operasi kami jaga daya tahan tubuhnya itu ada pengaruhnya ketika besar nggak pak….spt pendengaran terganggu,mudah sakit dsb.utk alerginya jg sangat tinggi 99,sinusnya bersih,menurut bapak kami lebih baik mengobati alerginya apa adenoidnya dl klau skrg adenoid diobati alergi nggak kan sama sj akan memicu adenoid lg,minta sarannya pak….mdh2an kami menemukan jln keluar yg terbaik, salam buat putri bapak DHEA semoga bisa sembuh,sehat selamanya,amiin

  35. Anak sy nara tidur ngorok, nafas berat dan malam hari sering terjaga karena susah nafas, Hasil rontgen kmrn menunjukkan adenoidnya besar dan menghalangi nafasnya.dokter menyarankan operasi, padahal dahulu sudah pernah dioperasi adenoid dan amandelnya. Pemicunya alergi, sayangnya kami belum tahu alerginya apa. nanti malam mau kami tes alergi untuk Nara.Alergi nara turunan dari bpk nya yg punya riwayat alergi. ungkin kami akan operasi adenoidnya, karena sangat menggangu sekali terutama saat tidur. Dimana anak2 hrs tidur elap malam harinya untuk meningkatkan intelegensia nya> trima kasih pak infonya

  36. mksih ats info ini,kmi jg tau bnyak tentang adenoids, kmi sllu cri info banyak ttng adenoids krn anak kmi saat ini lg nunngu pelaksanaan operasi adenoids. Thanx bngt.

  37. artikelnya sudah lama ternyata ya pak, tapi alhamdulillaah saya ternyata tidak sendirian, masih ada ortu lain yang anaknya dibawah usia 11 tahun yang terkena pembengkakan adenoid. Baru kali ini saya benar benar tidak tega melihat ngoroknya Fio, 6 tahun, tidur malam. Sudah 5 malam saya dan dia tdak bisa tidur nyenyak. Sebenarnya tahun lalu dianjurkan operasi, tapi karena belum mantap hati dan suami juga bukan dari keluarga yang memiliki riwayat alregi (sehingga tidak terbayang olehnya repotnya orang yang hidup dengan alergi). Setelah suami melihat penderitaan Fio, dia pun ikhlas agar Fio di ATE. Rencananya bulan depan. Yang saya bingungkan begini pak: memang menurut dokter adenoidnya akan sulit mengecil karena ukurannya sudah melebbihi normal. Tapi mulai malam ke-6, Fio tidak ngorok kencang dan kesulitan napas lagi. Gejala napas lewat mulut masih, begitu juga percakapan nasal. Dokter THT bilang, siapa tahu….dengan Nasonex (semprot idung) bisa mengecilkan, jadi dilihat perkembangannya saat kontrol nanti. Yang mau saya tanyakan: seandainya ukurannya berkurang, apa masih perlu ATE tidak ya? Karena saya trauma menghadapi sleep apnea nya yang susaaah banget untuk napas…pingin nangis, tapi gak berdaya. terimakasih sharingnya.

  38. anak kami juga mengalami hal yang sama, sekarang usianya 2 tahun lebih. mau di operasi tapi masih kecil dokter tht memberikan semprot hidung, tunggu hingga 1 bulan lihat perkembanganya

  39. terimakasih atas infonya, pembengkakan adenoid yg menyerang rafi (3 th 2 bln) putra kami tercinta, membuat gelisah dgn putusan dokter unt segera dioperasi krn sempitnya saluran pernapasan,..kami hanya ingin dia sehat dan bebas dari gangguan pernapasan. apakah dhea rewel pasca operasi?apakah operasinya tmsk operasi ringan? terimakasih atas sharingnya n mhn doanya,..

  40. umurku 15 tahun, adenoidku membesar. pendengarranku berkurang, sedikit sesak nafas. padahal banyak yang bilang adenoid untuk anak seumuranku sudah hilang. kemarin gendang telingaku dilubangi juga, sudah 3kali bolak-balik ke dokter THT terdekat, akhirnya yang terakhir aku dikasih obat lagi. kata dokternya kalo pengobatan kali ini nggak ada perubahan, aku harus dioperasi…

    • Anak saya, Raihan (5th 6bln) dua hari yll dioperasi adenoid dan amandelnya.. Operasi alahamdulillah lancar.. Skrg dia kembali ceria. ‎​Τ̣̣̥αρɪ̣̝̇ kok masih bernafas pakai mulut Ɣª? Ĵчğå kl malam tidurnya kok msh mendengkur? Saya ingin tahu, Ƌƿǟ penyakit adenoid/ amandel walo sdh diangkat apa msh bs kambuh lagi?

      • terima kasih telah berkunjung ke blog saya bu, dari apa yang anak saya “DHEA” alami dan menurut penjelasan dokter THT, pasca operasi butuh waktu sampai dengan 6 bulan untuk kembali normal (bernafas dengan hidung). Kalo kambuh, kemungkinan ada, namun beda tempat dari lokasi yang dioperasi.

  41. vitri,on june 30,2012

    Anak saya luthfi 3 th 2 bl sudah dri umur 1th 8 bl bl tidurnya selalu ngorok sering pilek tapi ga ada lendirnya saya bw ke dr anak katanya pilek tp ga sembuh sembuh akhirnya saya bw ke dr tht dr sana saya th anak saya terkena adenoid bibir anak saya sering pecah-pecah dan berdarah ngoroknya tambah parah napasnya selalu dr mulut. kata dr tht anak saya hrs ganti susu ktnya anak saya alergi susu sapi jd hrs ganti susu kedelai. Apa alergi susu sapi jg bs meyebabkan adenoid membengkak ?Anak saya skrg sdh ganti susu dan obt semprot dr dokter sdh di berikan tapi anak saya blm ada perubahan, saya bingung melihat keadaan anak saya bibirnya selalu berdarah dan napasnya susah sedangkan dokter menganjurkan setelah umur 5 th br bs operasi . tlng saran dan msk apa yg hrs saya lakukan

    • terima kasih telah berkunjung ke blog saya bu, memang berdasar apa yang keluarga saya alami, adenoid membengkak disebabkan salah satunya karena alergi, bisa alergi debu, alergi dingin, alergi makanan dls. saran saya, lebih baik putra ibu di-test alergi terlebih dulu supaya bisa diantisipasi …

  42. saya sedang bingung pak dengan keadaan anak saya. Dua bulan yl anak saya, Mafaza 20 bulan periksa ke dokter anak karena batuk pilek berseri. Ternyata dokter mengatakan bahwa anak saya alergi dingin. Kebetulan waktu itu di tempat tinggal saya (Magelang) memang udara sedang dingin2nya, kalo istilah saya bediding. Dokter memberi obat anti alergi selama 1 bulan. Tiga minggu kemudian anak saya terkena HFMD (Hand Foot Mouth Disease), masih ceria sih cuma yang bikin saya khawatir ada cairan keluar dari telinga. Paniklah saya, kubawa ke DSA langganan, diberi antibiotik dan obat alergi 6 bulan. Dokter mengatakan bahwa keluar cairan itu karena alerginya. Saya masih agak bingung dengan penjelasan dokter tapi setelah membaca tulisan bapak, saya jadi mengerti hubungan antara alergi dan keluar cairan dari telinga. Semalam anak saya gelisah tidurnya dan mengeluh sakit di telinga. Paginya kulihat telinga sudah ada cairan lagi. Padahal sebelumnya tidak batuk pilek. Kira2 apa penyebabnya ya pak? Atau karena adenoid itu ya? Rencana nanti sore mau saya bawa ke THT. Tapi mengingat umurnya yang masih kecil, mungkin dokter tidak melakukan tindakan. Tapi kalo sering keluar cairan begitu saya yang ngeri dan kasihan melihat si kecil. Apalagi katanya dapat mengganggu pendengaran….. Bagaimana ya pak?

    • terima kasih telah berkunjung ke blog saya, memang berdasar apa yang keluarga saya alami dulu, anak saya karena udara dingin atau minum es langsung pilek namun cairan dihidung tidak bisa keluar sehingga saluran pernafasan tertutup akibatnya bernafas dengan mulut lalu diikuti sakit telinga yang menyebabkan kurang pendengaran, saat itu saya langsung ke THT untuk diambil tindakan penyedotan cairan dihidung dan telinga.

  43. Dear Pak Vandoyo, terima kasih banyak atas posting-nya yang sangat detail & berguna ini..!!

    Beruntung sekali kita para pengguna internet di Indonesia memiliki orang-2x spt Pak Vandoyo yang mau bersusah payah menuangkan pengalaman pribadi & hasil pencarian Bapak dalam hal pembengkakan Adenoid & Adenoidektomi.

    Anak saya juga mengalami kendala yang sama & artikel Bapak sangat berguna bagi kami sbg bahan referensi.

    Semoga putri Bapak sehat selalu. Salam, David

    • Terima Kasih Pak/Mas David telah sudi berkunjung ke blog saya, betul pak bahwa di era globalisasi informasi, memang kita dituntut untuk sharing atau berbagi dengan siapa saja tanpa memandang profesi. Mudah2an putra/putri Bapak cepat sembuh …

  44. Terimakasih Pak…Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari postingan bapak ini… Sekarang malam ke2 saya menemani Anak saya Kevin 8 tahun 10 bulan yang tadi pagi dioperasi Amandel kronis dan pengangkatan Adenoid… Pembengkakan adenoid nya pun baru diketahui pada saat operasi berlangsung, baru setelah dioperasi selesai Dokter menjelaskan mengenai pembengkakan adenoid ini… Detail lengkap mengenai hal ini justru saya dapatkan setelah membaca postingan dan sharing dari rekan2 di blog bapak ini…terimakasih banyak, semoga setelah operasi ini, anak saya Kevin bisa bernapas normal dan tidak pilek2 lagi dan berkurang sakitnya…

    Salam buat Dhea… Semoga selalu sehat… (dwi)

  45. salam kenal pak vandoyo..mbah google mempertemukan sy dengan blog bapak :) saya nia, mama raras (3thn 11 bulan) didiagnosa tonsil dan adenoid hypertrophy. saat radang, tonsilnya di level T3-T4. sedih sekali mendengarnya. sedih juga mendengar suara ngoroknya saat tidur, kalau menjelang jam 3-5 pagi tidurnya gelisah, setelah jam 5 dia bisa tenang.
    Baru 1 dokter THT yang sy datangi, suggest utk operasi ATE atau adenoidektomi saja,kalau amandelnya mau dipertahankan. tapi semua orang yg sy tanyai, tidak menyarankan operasi karena Raras masih terlalu kecil. sy dan suami juga ngeri membayangkan putriku harus operasi.
    karena curiga ini semua dipicu alergi (sy baru pindah ke Malang, 10 bulan di malang, Raras sering sekali pilek, hidung tersumbat), maka sy dan suami cari tahu tentang pemeriksaan alergi.
    ada pemeriksaan dengan menggunakan gelombang, disebutnya BIO-E. zat allergen dialirkan dengan gelombang dan suatu alat didekatkan pada tubuh anak, maka alat tsb akan bereaksi.reaksi ini yang menunjukkan apakah alergi atau tidak. Jadi, tes ini tidak mengambil darah. juga ada terapi nya menggunakan gelombang, disebutnya desensitisasi BIO-E.
    raras baru menjalani terapi basic.
    semoga yang terbaik dapat kami lakukan untuk putri kami tercinta sehingga dia sehat selalu.
    bagaimana keadan Dhea sekarang pak? semoga selalu sehat ya.
    Terimakasih banyak atas ketekunan bapak menulis di blog, sehingga membawa pencerahan ke banyak orang, termasuk saya.

  46. Aku mau share nih.. Putraku berumur 7 th 9 bln dia bru operasi amandel bln september tgl 26 tpsetelah berjalannya waktu 3 minggu kok anak sy mengorok lg y malah nafas tidur nya seperti dlu sblm operasi amandel mkanya sy dan suami bingung knp msh seperti itu tidurnya pdhal sdh operasi?? Bgamana?

    • Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya mbak leny, dulu anak saya-DHEA pasca operasi juga mengalami hal sama dengan putra ibu sampe beberapa minggu, namun dokter sebelum operasi memang udah ngasih informasi bahwa membutuhkan beberapa waktu sampai 6 bulan pascaopersi untuk mencapai kondisi normal. Sabar aja bu, mudah2an putra ibu cepat sembuh

  47. wow,akhirnya saya menemukan blog yang bagus….
    saya mau share saja.
    anak saya, 2,5 tahun. beberapa bulan terakhir, tidurnya sering ngorok, dan flu ga terus menerus, hidung buntu dan bernapas lewat mulut. beberapa kali saya ganti dokter anak, tetap tidak bisa benar bnar sembuh. sampai akhirnya saya ke singapore, ke dokter THTyang fokus pada anak dan alergi. alergi debu, menyebabkan adenoid membesar dan menghambat pernapasan. seandainya saya membaca blog ini 1 bulan yg lalu, mungkin saya tidak perlu jauh jauh ke singapore

  48. salam kenal Mas Vandoyo< nama saya Fanny, baru saja pulang dr dokter anak dan pas banget dpt informasi ttg adenoids ini. anak bungsu saya ameera 3thn, persis mengalami gejala pembengkakan adenoids. kalo boleh tau. dokter HT anak mana yg bagus utk menangani anak2 ya mas. terima kasih.

    • Hello, saya di surabaya, apakah ada referensi dokter yang bagus untuk opersi adenoid di surabaya ?
      November 2012 anak saya, 3 thn,operasi adenoid. Setelah operasi, kata dokter perlu waktu beberapa minggu untuk bisa pulih. Namun sampai hari ini, anak saya masih bernapas dengan mulut. Kebetulah saya ada kesempatan ke singapore. Setelah diperiksa menggunakan kamera dari hidung,seperti endroscopy untuk hidung anak2. terlihat jelas bahwa adenoid nya masih membesar. Ternyata operasi yang dilakukan hanya mengambil sedikit adenoid. Operasi adenoid adalah operasi “blind side”. Dokter hanya memperkirakan saja saat mengambil adenoid krn lokasinya yg tersembunyi. Supaya akurat, operasi sebaiknya menggjnakan kamera, sayangnya kamera seperti ini tidak ada di surabaya. Untuk opersi dengan kamera di singapore, biaya nya hampir 100 juta.sedangkan disini sekitar 15 juta.

      • terima kasih pak andre atas infonya … mungkin para ortu yang laen punya referensi ttg dokter HT yang bagus di Surabaya …

      • Malam p. Andre, kalau boleh tau dr di singapore namanya siapa ya? Dan di R.S mana? Soalnya anak saya juga perlu operasi adenoid dan amandel juga… tq

    • terima kasih sudah berkunjung ke blog saya bu fanny … wah mohon maaf bu kalo tentang dokter HT yang bagus saya tidak bisa ngejawab nih …

  49. Terima kasih atas infonya mas vandoyo. Kebetulan putri sulung kami jg adenoidnitis. Krn usia anak sy msh 4,5 thn mk dokter tht menyarankan terapi dgn pengobatan. Mengenai operasi ditunggu kondisinya saat umurnya 6 thn lbh. Thn ini anak saya pas 6 thn. Selama ini ya kambuh n sembuh berulang kali. Skrg kl kambuh kt pake cam2an daun sirih merah sbg antibiotiknya. Mengenai khasiat sirih merah kira2 mas vandoyo pernah tahu tdk?

    • Tengkyu pak iswanto udah berkunjung ke blog saya … kalo tentang sirih merah koq saya belum pernah denger ya pak … tp patut dicoba (dan terima kasih atas infonya)

  50. Terimakasih pak, atas sharing pengetahuannya, kebetulan anak saya juga ada gejala yg serupa, kalau berkenan, dulu bapak memeriksakan putri bapak ke dokter THT siapa? Dan ybs praktek dimana? Saya posisi ada di Solo, terimakasih

  51. Saya benar2 terbantu dengan artikel bapak, sebulan yang lalu anak laki-laki saya ernest umur 4 tahun 10 bulan juga habis operasi tonsil dan adenoid. Kondisi sebelum operasi sama persis dng dhea. Cuma skrg msh batuk pilek dan pileknya ga bs keluar sehingga hidung jadi mampet dan suaranya bindeng. Kemarin sy dan suami berencana mau kontrol lagi mau minta penjelasan ttg kondisi tersebut tp ga jadi karena dokter nya ga praktek. Kami ingin pilek anak kami bs keluar biar plong gmn caranya ya apakah harus disedot?

  52. ALHAMDULLILLAH, trimakasih pak atas info ilmunya yg telah dibagikan di google, sy bu imbar umur 43th , kebatulan saya sendiri mengalami sakit yg bnyak diceritakan diatas seperti flu yg tdk berhenti klo nggak diberi obat flu, tenggorokan terasa kering dan panas, sakit kepala kalau flunya tdk segera dihentikan, telinga sakit,dan paling mengganggu adalah kalu tidur pasti mendengkur, kebetulan saya tinggal di situbondo jatim, pingin banget konsultasi dg dokter THT mohon petunjuk dokter THT yg ada di SURABAYA bs menangani kasus saya, trimakasih

  53. Mohon berkenannya bapak2/ibu2 bisa mencantumkan tmpat RS operasinya dan dokternya beserta estimasi biaya nya di wil surabaya? Atau di wilayah masing2 tempat anda

  54. Trimakasih sekali infonya. Sangat berharga bagi kami. Anakku juga lagi ngalami itu.
    Thanks benar. Semoga DHEA sehat

  55. sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas informasi yang bapak berikan, anak saya farell (4 tahun) juga mengalami masalah tidur persis seperti yang bapak tulis diartikel ini, sudah beberapa kali saya konsul kedokter, tapi memang bukan dokter THT dan jawabannya tidak memuaskan saya, kadang saya suka kasihan kalau lihat dia tidur sepertinya susah sekali bernafas, apalgi kalau ditambah dia sedang flu batuk, mohon info apakah hal tersebut bisa berakibat fatal ke anak, soalnya sampai sekarang saya belum sempat membawa anak saya ke dokter THT, apakah yang dapat saya lakukan saat ini untuk membantu anak saya agar dapat tidur dengan nyaman, lalu bagaimanakah cara pengobatannya, apakah oleh dokter cukup dikasih obat oral atau bagaimana?

  56. Anak saya 5th 1bln..oleh dr tht disarankan operasi adenoid karena membesar.saya masih ragu2 & mau cari 2nd opinion dulu sama cari info kondisi pasca operasi..waktu operasi dhea umur brp ya pak? habis operasi dipasang selang atau alat ga dihidungnya?

  57. Selamat malam pak Vandoyo, mohon maaf sebelumnya, apakah pak Vandoyo ini salah satu dokter THT juga? minta sedikit info pak, anak saya didiagnosa dokter THT mengalami pembesaran adenoid sam pai 80%, apakah artinya itu pak? dan apakah memang sudah harus diangkat/dioperasi?. terimakasih.

  58. Tks banyak. Anak sy pd umur 3 thn jd divonis tonsil adenoit, pd umur 5 thn sy coba operasi diklinik THT ttp ternyata yg diambil amandel dpn (mulut). Skrg umur 8 thn tp anaknya jd malas,klo dipanggil tdk lgsg jawab, tdk lincah lg, bau mulut dan ngantukan, mhn sarannya dan kalo di jakarta periksanya dimana.

  59. Dokter: knp ya saya klw tidur sering sekali bernapas di mulut apa jgn” saya ada tonsil yah? trus gmn cara ngobatin nya?… mksih

  60. slmt pd pak vandoyo. anak sy usia 16 th, mengalami pusing2< ssh tidur, pagi sk ngantuk, n ktny lbh nyaman nafas lwt mulut, stlh k dokter THT, ternyata adenoidny membesar, n ada cairan putih d belakang tonsilny, ada sinusitis jg, cm telinganya tdk berlendir, mlh kotoran telinga ny mengeras, n terpaksa dikeluarkn pake alat, disarankan dokter utk operasi, tp dsrh mnm antibiotic dl sm obat flu, ternyata stlh mkn obat krg lbh 3 hr, dia ttp mengeluh pusing, n nafas lwt mulut, anak sy ni skrg sma kls 2, tp sy ttp khawatir kl dia hrs di operasi, oh ya dokter jg menyarankan kl tonsuilnya jg d angkat, pdhl mnrt sy tdk ada masalah dg tonsilny, mnrt bapak gmn y, tp sy blm second opinion

    • kalo menurut saya .. coba ibu cai second opinion … sekedar sharing dulu anak saya sempat nyoba minum jus durian setiap hari … walau belum bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah atau memang pas kebetulan, nyatanya anak saya tidak mengalami nafas lewat mulut, indra pendengaran normal, nggak ngantukan lagi, kalo tidur nggak ngalami sleep apnea …
      Sebetulnya seiring pertumbuhan anatomi tubuh, mestinya rongga pernafasan di hidung juga mengalami pembesaran shg agak longgar artinya pertumbuhan kelenjar adenoid tidak begitu mengganggu, tp kalo membaca cerita ibu, katanya sampe ada cairab putih alangkah baiknya di angkat saja toh operasinya juga gak butuh waktu lama …

  61. Thx banyak ya infonya… anak saya aliya usia 4,5 thn dari bayi dia kalo tidur ngorok dan setelah usia 3 thn aku bw ke doktr tht dan di foto , dia memang ada pembengkakan adenoid menurut dokter usia 5 thn saja dioperasi dan dilihat perkembangannya… sebulan lalu saya bawa aliya ke tht lagi krn dia kalo pilek selalu ngorok dan nafas lewat mulut bahkan sampe bibirnya berdarah krn kering…. dan menurut dokter udah bisa dioperasi sekarang tapi saya masih takut tapi setelah baca artikel ini saya sedikit punya kekuatan ternyata ada banyak anak yg seperti aliya dan memang sebaiknya dioerasi … jujur saya sampe agak mewek baca share yg ada disini…. makasih

  62. Pak Vandoyo, terima kàsih atas sharing anda. Sang at bermanfaat buat saya. Kebetulan anak saya memiliki gejala yg persis sama dengan dhea. Anak saya sudah mengalami ini hampir setahun, usianya saat ini hampir 7 tahun. Kalo boleh tau dulu dhea konsul ke dokter siapa dan dimana? Biaya operasinya berapa?

  63. Terimakasih atas infonya pak vandoyo… Putriku andra juga mengalami hal tsb, gampang sekali flu, tidurnya mengorok dan akhir2 ini dia menguluh susah bernafas… Tp diagnosa dokter tempat saya control blm pernah mengatakan adenoid.. Diagnosa sll kr alergi.. Dan dihindari hal2 yg membuat anak menjadi flu… Padahal kenyataannya dlm keadaan tidak flu pun andra tetap mengorok dan bernafas lewat mulut

    Mohon info untuk dokter THT yg berpengalaman agar andra bisa dicek lbh lanjut…
    Makasih pak vandoyo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: