SOFTICE 1.0 Vanilla … opsi lain distro perkantoran yang cukup ringan … (menurutku !!!)

imageCukup lama aku menerima info dari Mr. Darto bahwa rilis Softice 1.0 Vanilla, ya agak penasaran juga sih kayak apa ya performanya ???? sehingga aku bela2in berkunjung  ke blog softice yang didalamnya menyebutkan bahwa  ……. Linux SoftIce® merupakan sebuah Sistem Operasi Linux yang dikembangkan oleh Komunitas Open Source yang  ditujukan khusus untuk instansi perkantoran. Semua software yang tertanam di dalam Linux SoftIce® bersifat Open Source. Jadi bebas dikembangkan dan digunakan oleh siapapun.

Misi dari Linux SoftIce® adalah memigrasikan software-software instansi perkantoran dari yang sebelumnya bersifat Close Source menjadi Open Source, dan yang sebelumnya memakai software ilegal menjadi pemakai software legal.

Logo Linux SoftIce® adalah gambar orang bergandengan tangan, melingkar, dan terpusat pada satu titik, itu artinya adalah : Linux SoftIce® Dibangun dan dikembangkan bersama-sama, dan dengan satu tujuan, yaitu GO OPEN SOURCE ….

Akhirnya dilanjut dengan donlut yang ternyata ada file yang corupted, agak jengkel juga sih karena nunggu donlut kelar lumayan lama (hehehehe banyak yang lagi donlut di office !).

Setelah konsultasi dengan Mr. Darto akhirnya muncul solusinya yaitu pengiriman DVD Softice 1.0 Vanilla (yang dijanjikan dan dikirim langsung oleh Mr. Darto hehehehe … jadi merasa tersanjung).

cd softice

Tanpa pikir panjang, langsung siangnya dilakukan instalasi yang ternyata :

1. Proses instalasi so simple, so easy and so fast

2. Hasilnya : ngebut tenan

 

softice

Dari beliaunya ini, didapat info kalo SOftice 1.0 Vanilla merupakan remastering Ubuntu 10.04 yang dapat diunduh langsung di http://pinguin.dinus.ac.id/iso/softice/ dan menggunakan Desktop LXDE .

Aplikasi yang ada didalam Softice 1.0 Vanilla diantaranya :

  1. LibreOffice 3.4.5 untuk aplikasi perkantoran
  2. Foxit Reader -  pdf reader
  3. FireFox 10.0 untuk aplikasi browser
  4. Sylpheed mail client
  5. Pidgin Internet Messenger  untuk komunikasi / chatting
  6. My Paint
  7. Simple Scan
  8. Gnome Player
  9. VLC Media Player untuk pemutar berbagai file multimedia (gak perlu repot nyari codec-nya)
  10. LXMusic Player
  11. Cheese
  12. Xfburn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: