Open Source @ my office

picture-1.png

Ada sebuah fenomena di officeku pada Tahun 2006 kemaren, yaitu terbukanya wawasan tentang TI oleh beberapa SDM termasuk aku tentunya. Hal ini diawali dengan dibangunnya WAN yang tergabung dengan Sistem Jaringan Komunikasi Terpadu milik Pemprov Jateng. Pengenalan TI dimulai dengan adanya sosialisasi open source yaitu IGOS : indonesia go open source yang berbasiskan sistem operasi linux, emang agak susah untuk menerapkan di officeku karena adanya paradigma windows emang enak.

Jadi inget waktu kedatangan windows dengan MS Word 3.11 sebagai pengganti DOS dengan WSnya, saat itu yang ada dibenak adalah susah bin sulit yang kalu ditarik kesimpulannya adalah tidak adanya kemauan untuk mempelajari sesuatu yang baru. Khusus untuk open source, saat ini di officeku baru aku yang mencoba untuk install (tentunya pake double OS dulu karena gak mungkin langsung pake linux) dan mempelajari. Emang pertama kali sangat terasa susah bahkan sempat lost data yang cukup banyak karena waktu install kurang teliti.

mepis.png

Bahkan sampe saat ini ada beberapa distro yang udah dicoba diantaranya : suse, mandrake, redhat (gagal), igos, simply mephis, ubuntu, kubuntu, edubuntu, linux XP dan masih banyak yang masuk dalam daftar indent untuk dicoba karena ada yang tidak kompatible dengan hardware or perpheral laen, bahkan aplikasi sistem informasi yang ada berjalan under windows. Dari beberapa distro tersebut emang ada beberapa yang secara grafis / desktopnya hampir sama mudahnya dengan windows semacam linux xp dan simply mephis namun sekali lagi tetep saja ada yang gak kompatible, sehingga saat ini linux masih dijadikan sistem operasi pembelajaran.

linuxxp.jpg

Kemudian menurut temen2 sudah ada pengakuan bahwa linux sekarang lebih mudah dan lebih menarik daripada versi lama. Mudah2an next time linux menjadi lebih mudah dan memiliki kompatibilitas yang lebih luas lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: