Metisse: Desktop Mandriva 3 Dimensi

Berikut artikel dari http://www.gerbanglinux.com :

mandra2007metisse_480.jpg

Menyusul SUSE (openSUSE ), Red Hat (Fedora ) dan Ubuntu masing-masing dengan AIGLX dan Xgl menggunakan Compiz maupun turunannya Beryl, memanfaatkan kemampuan kartu grafis yang mendukung OpenGL, kini keluarga Made Mandra (Mandriva) memperkenalkan dan memperdayakan Metisse untuk menampilkan sebuah desktop tiga dimensi. Diluar lingkungan Linux ditemukan sejak dini SUN Microsystem mengembangkan Looking Glass , kemudian Apple dan Microsoft dengan meluncurkan Windows Vista.

 

Metisse yang dikembangkan sekelompok peneliti Perancis dari proyek Situ , menitik beratkan efek tampilan 3D dengan fungsi-fungsi mirip seperti yang ditemukan di Looking Glass dengan ruang tiga dimensinya. Sistim yang menggunakan Compiz dilain pihak kebanyakan menerapkan animasi optik seperti jendela-jendela bergetar, transparan dengan menu yang dapat diredupkan, termasuk jendela-jendela diatas box dadu yang dapat diputar.

Kartu grafis yang disysratkan untuk menjalankan Metisse sama seperti rekannya yaitu kartu grafis yang mendukung OpenGL, bahkan disebutkan bahwa kartu grafis versi lebih lama seperti TNT2 juga memadai.

Keterbatasan Metisse saat ini ialah baru jalan di lingkungan desktop GNOME dan FVWM, dan untuk arsitektur 32 bit saja, sementara untuk KDE dicanangkan pada versi 4 berikutnya, seperti juga untuk arsitektur 64-Bit.

Metisse dengan efek dua setengah D, akan disertakan bersama rilis Mandriva menjelang musim gugur tahun ini, namun kini ia sudah dapat dinikmati menggunakan liveCD MandrivaOne 2007 yang dibebaskan minggu lampau.

Manurut DstroWatch yang telah mencobanya, disebutkan bahwa fungsionalitas yang diterapkan Metisse seperti pembagian sembilan jendela dan lainnya lebih realistis mendukung produktivitas, sementara efek 3D yang ditawarkan rekan-rekannya (SUSE, Fedora dan Ubuntu) nikmat untuk cuci mata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: