8 Kesalahan Blogger Pemula

8 Kesalahan Blogger Pemula

Tulisan ini merupakan salah satu tulisan yang memberikan pemahaman tentang kewajiban dan kode etik seorang bloder (pemula) yang aku ambil dari nofieiman.com tanpa mengubah substansi udah aku sesuaikan agar lebih nyaman dan cepat saji. Semoga bermanfaat bagi semua.

Kesalahan 1: Launching sebelum ada theme yang jelas
Umumnya bloger pemula tetap bertahan dengan default theme yang disediakan, untuk itu lakukan modifikasi yang cukup membedakan blog anda dari blog yang laen.

Kesalahan 2: Unregularly posting
Seringkali melupakan komitmen untuk rajin ngeblog karena berbagai alasan, solusinya luangkan sedikit waktu untuk 500 kata atau 2-3 link yang menarik saja sudah cukup dituangkan dalam sebuah posting.

Kesalahan 3: Obsesi berlebihan pada komentar, trackback, dan statistik
Adanya anggapan bahwa sebuah posting belum ada artinya kalau belum diberi komentar atau ditrackback dari blog/website lain dan umumnya pemula (kayak aku) sering mengecek komentar (via RSS) setiap satu-dua jam sekali. Tapi itu justru sia-sia. Sepanjang Anda mempunyai tulisan yang baik, format yang enak dibaca, dan visi atau sasaran yang jelas, pengunjung akan datang dengan sendirinya. Percayalah, obsesi berlebihan pada komentar, trackback, atau statistik, hanya akan membuahkan depresi pada diri Anda.

Kesalahan 4: Obsesi berlebihan pada fitur
Blogger pemula cenderung obsesif pada fitur-fitur yang sebetulnya belum terlalu diperlukan. Padahal lebih baik mengutamakan fitur yang standar. Memang sah-sah saja menambahkan fitur ini dan itu di dalam blog, namun sebelumnya pastikan bahwa mereka tidak merasa terganggu dengan itu.

Kesalahan 5: Mana yang penting dan mana yang tidak penting
Banyak blogger pemula yang memposting hal-hal remeh yang tidak esensial.
Kesalahan 6: Copy-paste yang pasrah
Pada saat blank, bloger pemula kehabisan inspirasi untuk menulis dan kahirnya terpaksa melakukan copy-paste, namun harus diingat Blog juga karya cipta yang harus dihargai setidaknya cantumkan mencantumkan sumber aslinya, jangan dijiplak mentah-mentah begitu saja, dan lebih bagus lagi jika setidaknya ada satu-dua kalimat yang berisi komentar atau tanggapan unik dari Anda.

Kesalahan 7: Ambisi yang berlebihan
Beberapa blogger pemula, terkadang berharap agar bisa segera mencapai ketenaran di dunia blogging dalam sekejap.

Kesalahan 8: Alamat URL yang tak pernah berhenti berlari
Mungkin ini sudah kurang relevan saat ini. Tapi jaman dulu, sangatlah sulit (dan mahal) untuk mendapatkan domain dan hosting yang cukup reliable. Solusinya, fasilitas hosting gratisan menjadi jawaban. Sepintas, dari sisi biaya memang merupakan solusi praktis yang hemat biaya. Tetapi, sadarlah bahwa there’s no free lunch. Satu demi satu fasilitas gratisan itu mulai berguguran. Mereka mulai membatasi bandwidth, fasilitas, menghapus akses FTP dan CGI, dan sebagian yang lain mulai memberlakukan biaya yang justru lebih tinggi. Akibatnya, harus sering-sering gonta-ganti alamat URL. Anda tentu juga sering merasa jengkel bukan ketika teman Anda sering berganti nomor sehingga ketika Anda membutuhkannya, sangat sulit bagi Anda untuk menghubunginya?

%d bloggers like this: