Pembakuan Istilah Dunia Komputer Dalam Bahasa Indonesia (part 1)

Komputer mungkin bukan merupakan hal yang baru bagi kita sehingga seluk beluknya tidak asing lagi termasuk istilah-istilahnya (yang umumnya menggunakan bahasa asing). Namun apakah anda tahu bahwa sekarang sudah ada pembakuan istilah2 komputer dalam bahasa
Indonesia ?

kalo saya terus terang memang baru2 ini menemukan list istilah2 yang dibakukan itu melalui uncle google di http://vlsm.org/baku-0.txt versi 19 September 2001 dan juga di http://gnu.vlsm.org/licenses/fdl.txt

Dari artikel tersebut baru aku ketahui bahwa berawal dari kondisi penguasaan TI yang masih tersendat-sendat dimana salah satu faktor penyebabnya adalah keterbatasan penguasaan bahasa yang umumnya menggunakan bahasa inggris baik dalam perangkat keras ataupun perangkat lunak.

Hal ini mendorong Pemerintah mengeluarkan Inpres No. 2 Tahun 2001 yang berisi tentang penggunaan komputer dengan aplikasi berbahasa Indonesia. Kemudian dikeluarkan Kepmen Riset dab Tek No. 44/M/Kp/IV/2001 tentang Pembentukan  Tim Pelaksana Inpres No. 2 Tahun 2001 dengan tugas menyediakan perangkat istilah bahasa Indonesia yang berkaitan dengan perkomputeran.

Dalam pelaksanaannya diputuskan secara bertahap dengan mengacu pada panduan UNESCO dimana pada tahap awal dipersiapkan 700 istilah yang paling banyak digunakan dalam pengoperasian computer dalam kegiatan sehari-hari. Tentunya tahap ini lebih terfokus pada pengguna umum / pemula atau setara dengan kaum terpelajar setingkat dengan SMU.

Kemudian pada tahap berikutnya akan dipersiapkan 4000 istilah untuk mendalami komputer sebagai disiplin  keilmuan pada tingkat  pendidikan strata satu berdasarkan    suatu klasifikasi perkomputeran.Langkah selanjutnya adalah mengeluarkan sarana berupa Buku Kiat Pembakuan Istilah Perkomputeran dalam Bahasa Indonesia yang dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna dalam berkomunikasi mengoperasikan komputer serta bagi pihak pengembang dalam merancang dan mendesain aplikasi komputer berbahasa Indonesia.

Buku ini berisi :

1.      Pedoman Praktis Pembentukan Istilah Komputer,

2.      Pedoman Khusus Penggunaan Istilah Komputer dan

3.      Senarai Istilah Komputer Bahasa Indonesia 

Lebih jauh dari buku ini diharapkan dapat membantu upaya nasional dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM melalui penggunaan teknologi komputer serta    meningkatkan pemanfaatan infrastruktur  TI sehingga dapat menjadi salah satu pemicu industri perangkat lunak dan peragnkat keras komputer.

4 Responses

  1. Thx Infonya..
    Akhirnya nemu dech panduan istilah dunia komputer yang baku.

  2. minta metode penggunan Pembakuan istilah dunia komputer dalam bahasa indonesia

  3. Trims,
    Artikelnya membantu sekali. Saya dapat tugas bikin artikel, dan saya memilih topik ini😀

  4. mau tanya. buku ini diterbitkan ga ya? soalnya saya mau bentuk fisiknya. tq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: