PClinuxos … my next OS

 


beryl6

 

 

 

Beberapa minggu yang lalu, aku sempat baca artikel di pclinuxos yang isinya diantaranya sbb :

…… Texstar and the Ripper Gang are pleased to announce the final release of PCLinuxOS 2007. Featuring kernel 2.6.18.8, KDE 3.5.6, Open Office 2.2.0, Firefox 2.0.0.3, Thunderbird 2.0, Frostwire, Ktorrent, Amarok, Flash, Java JRE, Beryl 3D and much much more. Almost 2 gigs of software compressed on a single self bootable livecd that can be installed to your hard drive provided it is compatible with your system and you like the distribution. Over 5000+ additional packages available after hard drive install through our Synaptic Software Manager. Please note PCLinuxOS does not ship with Win32codes or DVD decryption software. Proprietary Nvidia and ATI drivers available after hard drive install. ……..

karena sebagai pemula (yang masih mencari dan mencoba berbagai macam distro), maka aku coba mencari tahu apa apa sih pclinux itu, seperti yang ada di juallinux, yang menulis artikel yang penggalannya sbb :

……. PC Linux OS sudah mengeluarkan versi terbarunya, yaitu versi 2007. Distro ini terkenal karena kemudahan instalasi dan kelengkapan tool untuk memanage system dengan PCLOS Control System. Distro ini sangat ringan, dan dapat berjalan dengan baik di PC dengan RAM 128 MB. Cocok digunakan untuk menganti workstation Windows XP di kantor Anda. Jika Anda bermaksud migrasi dari Windows ke Open Source dan bingung menentukan distro apa yang cocok untuk workstation. Distro Linux ini sangat bisa dipertimbangkan. …..

Tapi berhubung kantorku belum begitu support terhadap TI (instansi pemerintah khan umumnya gitu … tapi gak semua lho !), dan gak mungkin juga aku beli cdnya (yg katanya cuman Rp. 5000,-), makanya aku coba download iso pclinux . Butuh kesabaran, karena aku donlut sore hari … trus aku biarin pcku nyala hingga pagi hari, baru deh kelar trus aku bakar ke cd.

Finally aku instal di pc (untuk sementara pake double os), kesan pertama adalah proses instal so simple, so fast dan so easy. Ada satu lagi yang membuatku tertarik yaitu tampilan desktop ala linux yg sangat menarik bahkan ada fasilitas 3D effect (kayak mandriva one) seperti yang terpampang pada gambar diatas.

Sayangnya, hambatan yang selalu aku temui adalah kagak ada driver pixma 1500 yang dari dulu susah banget carinya. (please donk … kalo ada yg tahu, help me bro …) . Emang sih pengen ganti printer yg support driver for linux. tapi kadung sayang banget sama pixma 1500ku.

So buat para pemula (kayak aku) coba aja dech pclinux ini, dan buat para pendekar linux tulung dunk petunjuknya.

3 Responses

  1. Silahkan posting saya di http://opensuse.or.id tentang membuat printer canon ip1880 bisa berjalan di opensuse.

    canon IP 1500 dan IP1880 drivernya sama. tinggal download file yang sesuai aja.

    Terima kasih.

  2. waduh … terima kasih atas pencerahannya.

  3. minta tolong ajarin install printer Canon IP1880 di PCLinux donk!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: