Rapat Evaluasi Kegiatan Jateng Online Tahun 2007

Hari ini, berdasarkan Surat Perintah Kepala Badan Diklat Prov. Jateng Nomor : 893 / 7602 aku mendapatkan tugas untuk memenuhi undangan Ka KPDE Prov. Jateng Nomor : 005/609 tanggal 26 November 2007 perihal Rapat Evaluasi Kegiatan Jateng Online yang diselenggarakan pada hari ini, Rabu – 5 Desember 2007 mulai pukul 08.30 WIB s/d selesai, dan bertempat di Bappeda Prov. Jateng, Lt. VI / A, Jl. Pemuda No. 127-131 Semarang.

Nyampe di Bappeda dengan sukses pada pukul 09.00 WIB (ya lebih dikit lah … kira-kira 2-3 menitan) langsung registrasi di lobi sekaligus menyerahkan laporan dan questioner dan seperti biasa, aktivitas pertama adalah mencari partner lama yang ternyata malah kagak ikut karena ditugaskan pimpina ke solo. Wah terpaksa deh gabung sama Bapak2 dari Kabupaten / Kota sembari ber say hello sana sini.

Acaranya sendiri dimulai pada pukul 09.10 WIB dengan dibuka langsung oleh Ka KPDE Prov. Jateng Bpk. AS Widodo Hardiono, SH sekaligus memberikan Pengarahan beberapa hal diantaranya :

1. Rapat evaluasi ini dijadikan wahana untuk mengevaluasi kegiatan jateng online selama tahun 2007 yang meliputi pemeliharaan data (update content direktori instansi serta kontribusi berita baik dari SKPD Provinsi maupun Kabupaten / Kota

2. Menggarisbawahi bahwa Jateng Online adalah Portal Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sehingga menjadi kewajiban seluruh SKPD dan Kabupaten / Kota untuk mendukungnya.

3. Terlebih lagi instruksi Gubernur bahwa SK Gubernur Nomor 106 Tahun 2003, terutama pasal 25 yang berisi :

” …. Dengan telah tersedianya situs web resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupa portal Jateng Online sebagai infrastruktur Sistem Informasi, setiap SKPD WAJIB memanfaatkan secara optimal … ”

4. Diharapkan pula seluruh SKPD Prov. Jateng menjalankan apa yang tertuang dalam SK Gubernur tersebut termasuk yang tertera dalam pasal 14 yang berisi :

“… Setiap SKPD WAJIB menetapkan salah satu PDF sebagai Pengeloal Data dan Sistem Informasi … ”

Kemudian pasal 15 yang berisi :

“… PDF sebagaimana dimaksud berfungsi sebagai sumber data dan informasi yang bekedudukan dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada pimpinan SKPD masing-masing sedangkan pembinaan dan pengendalian teknis berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala KPDE … ”

Kemudian Acara diselingi dengan istirahat Snack selama 15 menit.

Pada pukul 10.00 WIB acara dilanjutkan dengan Narasumber Bapak Ir. Budi Sulihanto, Kepala Bagian – Kabag LDE yang sekaligus anggota Tim Asistensi Jateng Online yang mempresentasikan materi dengan topik “…..” upss aku lupa temanya (nanti aku tanyain dech) Pada sesi tanya jawab cukup banyak yang memberikan respon diantaranya dari Kabupaten PUrbalingga, Kabupaten Boyolali dan Dinas Pendapatan Daerah Prov. Jateng.

Kemudian dilanjutkan oleh Narasumber berikutnya yaitu Bapak Ir. J Budi Setyono yang juga anggota Tim Asistensi Jateng Online dari Bappeda Prov. Jateng. Dalam paparananya yang berjudul Optimalisasi Peran Kontributor Data Dalam Memperkaya Content Jateng – Online, diantaranya menyampaikan perlunya SKPD membentuk Pengelola TI (Seperti di Bappeda yang terdiri dari Divisi Multimedia, Divisi Web, Diviwi Software danDivisi Hardware).

Kemudian Acara ditutup pada pukul 12.00 WIB dengan harapan bahwa apa yang didapat hari ini dapat dijadikan koreksi dan acuan Jateng online di kemudian hari.

Amien.

One Response

  1. […] under: TI,  community,  pemerintahan « Cara Memunculkan Search yang Hilang  Rapat  Evaluasi Kegiatan Jateng Online Tahun 2007 […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: