Pelatihan Literasi Pengenalan Dasar Teknologi dan Komunikasi

 

depkominfo.jpg

Pelatihan ini merupakan kerjasama Badan Informasi Komunikasi dan Kehumasan (BIKK) Provinsi Jawa Tengah dengan Departemen Komunikasi dan Informasi RI (Depkominfo) dalam hal ini Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang Kominfo) lebih khuzuzon Pusat Pengembangan Literasi Kominfo.

Sesuai rencana pelatihan ini diselenggarakan pada :
Hari : Senin – Selasa
Tanggal : 10-12 Desember 2007
Waktu : 08.00 WIB s/d 16.00 WIB
Tempat : Hotel Pandanaran, Jl. Pandanaran No. 58 Semarang

Nah, berhubung aku baru dapat surat tugasnya (Nomor 893.3 / 7775 tanggal 6 Desember 2007 tentang penugasan mengikuti Pelatihan Literasi Pengenalan Dasar Teknologi dan Komunikasi (TIK) Tahun 2007) pada senin pagi, so pasti aku agak kebingungan walau udah lama di semarang, tapi belum ngerti lokasi persisnya (tahunya cuman jl. pandanaran doank). Akhirnya dengan diwarnai acara kesasar 500 meteran, ketemu juga hotelnya. Ternyata hotelnya asyik juga, masih baru kayaknya, pelayanannya ramah, termasuk securitinya.

inyong-1.JPG

Setelah pake acara registrasi peserta, aku langsung digiring ke ruang pelatihan (merangkap sebagai ruang acara pembukaan, ruang praktek). ACnya itu lho yang bikin tubuh agak menggigil, tapi ruangannya mantap dech.

Nah, untuk acaranya sendiri adalah sebagai berikut :

1. Hari Pelatihan Pertama : Senin tanggal 10 Desember 2007

a. Pembukaan pada pukul 08.30 – 09.20

1) Diawali dengan Sambutan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Depkominfo yang diwakili oleh Kepala Bidang Evaluasi dan Pelaporan Pusat Pengembangan Literasi Kominfo, Bpk. Ir. Ricky H. Paat.

2) Dilanjutkan dengan sambutan oleh Plt. Kepala BIKK yang diwakili oleh Kepala Bidang HAL, Ibu Dra. Ilse Yuwati Kusumastuti, yang menyatakan bahwa Kegiatan Pelatihan ini telah diselenggarakan pada tanggal 6 dan 7 Desember 2007 yang ditujukan bagi pejabat yang menduduki jabatan minimal eselon IV,  dilanjutkan pelatihan untuk staf pengelola TIK di lingkungan Pemerintah Jawa Tengah. Untuk periode ini, dihadiri 28 peserta dari sebagian SKPD Provinsi Jawa Tengah, 1 peserta dari Kabupaten Semarang dan 1 orang peserta dari Kota Semarang.

b. Kemudian dilanjutkan dengan Pemaparan hingga pukul 17.00 WIB dengan Materi sebagai berikut :

1) Pemaparan Materi Pengenalan Perangkat Komputer dan Jaringan
2) Pemaparan Materi Pengenalan Situs dan Teknik Browsing di Internet
Dalam setiap sesi, semua materi langsung dipraktekkan di setiap komputer masing-masing peserta.

2. Hari Kedua Pelatihan : Selasa tanggal 11 Desember 2007

a. Pelatihan dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB, dengan Pemaparan Materi sebagai berikut :

1) Pemaparan Teknik Pencarian Informasi
2) Pemaparan Pembuatan dan Penggunaan e-mail
3) Pemaparan Penggunaan Instant Messenger
4) Pemaparan Pembuatan dan Design Weblog

b. Penutupan dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB – 16.30 WIB dengan acara sebagai berikut :

1) Sambutan oleh Plt Kepala BIKK Bapak Drs. Urip Sihabudin
2) Dilanjutkan Sambutan oleh Kepala Pusat Pengembangan Literasi Kominfo, Ibu Dra. Hj. Yusmani Soegeng, MM yang menyampaikan informasi bahwa saat ini sedang dibahas MoU Kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Departemen Komunikasi dan Informasi RI dimana akan dibentuk Pusat Pelatihan Literasi TIK Regional IV di Semarang, menyusul Regional I – Padang ( (Wilayah Sumatera), Regional II – Makasar (Wilayah Sulawesi dan Indonesia Bagian Timur) dan Regional III – Banjarmasin (Wilayah Kalimantan).

3). Pelatihan ditutup dengan penyerahan Sertifikat kepada peserta.

Kesan – kesan selama pelatihan :

– Berhubung materinya adalah pengenalan dasar sementara sebagian besar peserta udah pada mudeng TI, so selama pelatihan that’s nothing trouble.

– Sayangnya, koneksi yang tersedia sangat rendah. (kalo gak salah pake speedy untuk 30 client …. capeee deh)

Terakhir … salam buat Narasumber dan temen-temen. TETEP SEMANGAT … !

One Response

  1. […] Pelatihan Literasi Pengenalan Dasar Teknologi dan Komunikasi […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: