Diklat Prajabatan Golongan I dan II Angkatan I-VIII Pola Kemitraan Dengan Kabupaten Grobogan

Tahun 2007 kemaren, aku sempat mendapat tugas mendampingi Kepala Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah pada Acara Pembukaan Diklat Prajabatan Golongan I dan II Tahun 2007 Angkatan VIII Pola Kemitraan Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah dengan Pemerintah Kabupaten Grobogan tepatnya pada tanggal 2 Agustus 2007.

Nah diawal tahun 2008 ini, kembali aku ditugaskan ke Kota Purwodadi untuk mendampingi Kepala Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah pada Acara Pembukaan Diklat Prajabatan Golongan I dan II Tahun 2008 Angkatan I – VIII Pola Kemitraan Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah dengan Pemerintah Kabupaten Grobogan.

Namun kali ini beda karena :

  1. Jalannya udah bagusan ketimbang tahun lalu (terang aja ! udah satu tahun), seingatku dulu pas awal agustus tahun lalu jalan masih under construction, sekarang ini yach 90 % mulus bergelombang (Nah lho !). Karena emang mulus dengan sedikit lubang disana disini dan disono, tapi tetep saja yang namanya daerah grobogan jalan raya harus tetep bergelombang.
  2. Lokasi acara pembukaan kalo dulu ada di Gedung SKB Kabupaten Grobogan, Jl. Kapten Rusdiyat Danyang Purwodadi, nah kali ini ada di pusat pemerintahan karena berlokasi di Pendopo Bupati Grobogan (lokasi persisnya aku lupa yang jelas tepat bersebelahan dengan alun-alun kota dech).
  3. Jumlah Peserta tahun lalu cuman 52 cpns sedangkan tahun ini cukup heboh karena hanya berjumlah 405 cpns. Terang aja beda karena dilihat dari jumlah angkatannya juga beda jauh, kalu tahun lalu cuman 1 angkatan sedangkan kali ini nyampe 8 angkatan sekaligus.
  4. Isi materi pengarahan Ka Bandiklat Provinsi Jawa Tengah ada perubahan sekitar 50 % dari isi materi tahun lalu dengan judul yang tetap sama yaitu : Peningkatan Kompetensi Aparatur Dalam Pelayanan Publik. Nah untuk materi tersebut apabila nanti diijinkan akan aku upload menyusul.

oh ya karena acara pembukaan dimulai pukul 08.00 WIB, maka kami (Ka Bandiklat Prov. Jateng – Ibu Sumaryati, SH, M.Si, aku sendiri dan tentunya Mr. Edy michael schumachernya my office) berangkat dari Semarang pukul 05.55 WIB dan tepat 07.45 WIB nyampe dengan sukses di Kompleks Pendopo Bupati Grobogan.

Diklat Prajabatan Golongan I dan II Angkatan I-VIII dibuka secara resmi oleh Bupati Grobogan : H. Bambang Pudjiono, SH pada pukul 08.30 WIB sekaligus memberikan sambutan. Acara pembukaan ini selesai pada pukul 09.45 WIB.

Setelah itu dilanjutkan pengarahan Ibu Kepala Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah dengan materi Peningkatan Kompetensi Aparatur Dalam Pelayanan Publik hingga pukul 12.00 WIB.

Pengarahan ini berjalan lancar berkat kesigapan panitia dari (Bidang) Diklat Kabupaten Grobogan yang kalo gak salah masih bernaung di BKD Kabupaten Grobogan, walau harus bolak-balik dari Gedung SKB yang biasanya dipake buat diklat. Terima kasih pak (maaf saya lupa namanya) atas bantuannya dan semua berkas yang kami butuhkan. Yah, sedikit saran mungkin LCD Projector perlu diganti yang baru dech biar mantap. Sayangnya ada beberapa peserta yang kurang mengindahkan tata tertib dengan saling berbicara sendiri tanpa mengindahkan narasumber, padahal mereka ini CPNS lho !

Diklat Prajabatan Golongan I dan II kali ini dilaksanakan pada tanggal 22 Januari – 12 Februari 2008 dengan lokasi pelatihan di Gedung SKB Kabupaten Grobogan. Dengan Jadwal harian yang cukup padat sebagai berikut :

Pukul 06.00 – 07.00 WIB : Makan Pagi

Pukul 07.00 – 07.30 WIB : Apel Pagi

Pukul 07.30 – 13.00 WIB : Kuliah Pagi

Pukul 13.00 – 14.00 WIB : Isshoma

Pukul 14.00 – 17.00 WIB : Kuliah Siang

Pukul 17.00 – 19.00 WIB : Isshoma

Pukul 19.00 – 22.00 WIB : Kuliah Malam

Sedangkan jumlah peserta per angkatan adalah sebagai berikut :

– Angkatan I : 51 CPNS

– Angkatan II : 51 CPNS

– Angkatan III : 51 CPNS

– Angkatan IV : 50 CPNS

– Angkatan V : 51 CPNS

– Angkatan VI : 51 CPNS

– Angkatan VII : 50 CPNS

– Angkatan VIII : 50 CPNS

Untuk Pengajarnya terdiri dari Widyaiswara Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah, Pejabat Struktural Pemerintah Kabupaten Grobogan, Polres Kabupaten Grobogan dan Instruktur Senam.

Adapun metode pembelajarannya meliputi ceramah, pendalaman materi, studi kasus, diskusi, simulasi / role playing, evaluasi dan ujian. Dengan sistem penilaian sebagai berikut :

– Disiplin : 30 %

– Ujian Materi : 40 %

– Prakarsa : 10 %

– Kerjasama : 20 %

dengan klasifikasi kelulusan peserta :

> sangat memuaskan (92,5 – 100)

> Memuaskan (85 – 92,4)

> Baik Sekali (77,5 – 84,9)

> Baik (70 – 77,4)

> Tidak Lulus (dibawah 70)

Oh ya … selama di Grobogan, aku sempat ngobrol dengan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan – drh. Gembong Murdowo, MM yang sangat komunikatif, terima kasih pak atas obrolannya yang menyenangkan.

3 Responses

  1. Ada lowongan cpns untuk umum tidak dipurwodadi, untuk lulusan SMEA. Apa tahun ini yang diangkat cuma honorer saja. terima kasih

  2. kalo gak salah untuk formasi tahun 2007 nyaris sebagian besar dari honorer hanya beberapa daerah saja yang mendapat kesempatan untuk menerima CPNS dari umum. Salah satunya Kabupaten Sragen yang mendapat penilaian prosedur penerimaan CPNSnya dianggap baik, sehingga akhir tahun 2007 sudah menyelenggarakan penerimaan CPNS (sudah tahap pemberkasan).
    Untuk formasi tahun 2008, berdoa saja mbak, siapa tahu Kabupaten Grobogan mendapat jatah alokasi penerimaan CPNS dari umum.

  3. Terima kasih untuk informasinya . Kalau ada info lebih lanjut, tolong kirim ke e-mail saya ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: