Kartu Tanda Peserta Diklat Fungsional

Pagi ini sesuai skedul gaweanku adalah design dan cetak Tanda Peserta untuk Bidang Diklat Fungsional yang kebetulan untuk tahun 2008 ini yang pertama kali dibuka adalah Diklat Fungsional TOT Substansi Percepatan Pemberantasan Korupsi pada tanggal 18 Februari 2008.

Nah karena tahun lalu banyak komplain peserta tentang Tanda Peserta yang umumnya masalah lunturnya Tanda Peserta sehingga Tulisan dan Foto Peserta karena bahannya dari paper biasa yang dimasukan kedalam plastik ID Card.

Contohnya sebagai berikut :

lama

So diawal tahun 2008 ini, akhirnya my office bersedia menyediakan piranti untuk membuat ID Card (ini buat bahan postingan berikutnya aja).

Nah tentunya langkah pertama adalah redesign Tanda Peserta karena harus disesuaikan dengan :

– Ukuran alat pemotong

– pertimbangan efisiensi tinta

– waktu pengerjaan

Nah untuk mempermudah pengambilan keputusan para decissionmaker, aku sediakan beberapa alternatif Tanda Peserta (karena emang gue pikirin eh … koq jadi lagunya maia maksudnya karena emang belum ada aturan pastinya, atau udah ada ya ? tapi seingatku sih belum ada )

alternatif 1 :

1 ex

alternatif 2 :

2 ex

alternatif 3 :

3 ex

Akhirnya diputuskan pake alternatif kedua dengan beberapa penyesuaian seperti :

– Tulisan peserta paling atas diturunkan untuk memberi ruang lubang pengait

– Background Tanda Peserta warnanya lebih dimudain sedikit agar lebih menonjolkan nama peserta

Alasannya tidak pake foto peserta adalah agar dapat memangkas waktu pembuatan tanda peserta, karena umumnya data peserta (nama, nip dan instansi) udah datang duluan H-3.

Sementara kalo pake foto harus nunggu orangnya dateng trus pake seragam (hitam putih pake dasi) belum lagi kalo orangnya nyampe di tempat pendaftaran dini hari (jauh sih ..) masak malam2 dengan wajah capek, dekil n kumel trus ganti baju seragam hanya untuk difoto yang paling makan waktu 30 detik (bahkan gak nyampe ya ..).

Disamping itu juga ngirit warna kan .. seperti gini

4 right now

Pilihan diatas akhirnya langsung diimplementasikan untuk Diklat Fungsional TOT Substansi Percepatan Pemberantasan Korupsi dan tepat pukul 09.00 WIB sejumlah 23 tanda peserta telah siap didistribusikan kepada peserta pada saat pendaftaran hari Minggu tanggal 17 Februari 2008. Sesuatu yang selama ini tidak mungkin terjadi karena umumnya tanda peserta dibagikan setelah selesai pembukaan bahkan hingga hari ketiga (maklum ada juga peserta yang datengnya telat ….. capeeee dech !)

Namun setelah dicetak memang ada terlihat beberapa kekurangan sehingga rencanya untuk diklat berikutnya akan diterapkan perubahan2 diantaranya :

– Tulisan peserta diperbesar supaya lebih terlihat dari jauh

– Kotak informasi diklat yang semula transparan (menyesuaikan dengan warna background) dirubah menjadi white juga supaya lebih terlihat.

Contohnya seperti berikut :

5 next model

2 Responses

  1. hey~nice blog, ok…always stay cool~

  2. mantaf gan infonya, bener2 bermanfaat, ,,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: