Lokakarya Metode Pembelajaran Interaktif

Tidak seperti biasanya, H-1 aku udah dikontak penyelenggara untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan presentasi pada Kegiatan Lokakarya Metode Pembelajaran Interaktif (LMPI) yang diselenggarakan oleh Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah dalam hal ini Bidang Perencanaan Pengkajian dan Pengembangan (RENJIBANG), so aku udah ada persiapan.

Nah acaranya sendiri diselenggarakan di Aula / Ruang Tulip Kampus Diklat Sumbing , Badan Diklat Prov. Jateng, Jl. Setiabudi 201 A Semarang, Jawa Tengah. Acara LMPI dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari Rabu dan Kamis tanggal 20 – 21 Februari 2008.

IMG 0075

Sedangkan Peserta merupakan Widyaiswara / Tenaga Pengajar seluruh Jawa Tengah berjumlah kurang lebih 75 peserta. oh ya untuk istilah widyaiswara ini dapat anda baca di sini.

Seperti biasanya, Selasa Sore aku udah nyiapin segalanya :

– laptop

– long VGA cable dan short cable (buat cadangan)

– LCD Projector

– Materi Presentasi

– Screen (udah ada yang permanen)

– Sound System

Nah dalam pelaksanaannya ada beberapa hal yang diluar dugaan terjadi seperti :

– Long vga cablenya bermasalah sehingga tampilan di LCD Projector / Screen menjadi kekuningan, mungkin ada serabut kabel yang putus

– Untuk kali pertama, kegiatan ditempatku menggunakan wireless pointer (punya genius). Karena masih pertama jadi agak katrok juga. Untungnya Narasumber di hari pertama, yaitu Bapak HM Entang sudah familier, namun wireless pointer milik beliaunya gak kompatibel dengan laptop my office (banyak virusnya kali ya….) akhirnya pake wireless pointer milik kantor walau masih beberapa kali ngadat. Nah saat hari kedua, justru kedua narasumber belum familier dengan wireless pointer, tetapi salut juga karena mereka berdua bisa langsung beradaptasi dengan piranti ini.

– Transfer file, ini dia kegiatan penyebar virus karena nyaris seluruh peserta yang berjumlah kurang lebih 75 orang meminta copy file via usb flashdisk so dapat dibayangkan berapa puluh virus keluar masuk ke laptop. Tapi ini juga jadi koreksi buat panitia agar di kegiatan mendatang, peserta selain mendapat tas, block note, alat tulis juga disediakan file yang berisi materi dalam bentuk CD sehingga transaksi virus bisa diminimalisasi dan tidak mengganggu acara karena terkadang peserta ditengah acara langsung menuju ke operator / narasumber sambil nyodorin usb flashdisk.

—————————————————————

Nah untuk ringkasan penyelenggaraannya aku posting dalam 2 tulisan yang berurutan berdasarkan hari pelaksanaan, tapi sebelumnya aku upload gambarku dulu ya …

IMG 6794IMG 6864

——————————————————————

One Response

  1. sorry aku gak ikut…..males banget………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: