Rakor Teknik Pengelolaan Jateng Online Tahun 2008

Tahun baru selalu memberi harapan baru yaitu lebih baik dari pada tahun sebelumnya. Dan ini sudah mulai terbukti dengan adanya pemberitahuan Penyelenggaraan Rapat Koordinasi Teknik Pengelolaan Jateng Online Tahun 2008 yang aku terima jauh2 hari sebelum pelaksanaannya. Sipp lah …

Berdasarkan Surat Perintah Kepala Badan Diklat Prov. Jateng Nomor 893.3 / 2082 tanggal 8 April tentang Penugasan Mengikuti Rakor Teknik Pengelolaan Jateng Online Tahun 2008, Hari Rabu sekitar pukul 08.00 WIB aku sudah berangkat dari Kantor menuju Gedung Bappeda Prov. Jateng yang terletak di Jl. Pemuda 132 – 133 Semarang, tepatnya di lantai 6b. Setelah registrasi Peserta dan bla bla bla akhirnya secara singkat acaranya sebagai berikut :

Acara Pembukaan :

  1. Laporan Penyelenggaraan oleh Kepala Seksi Penyusunan Sistem dan Program KPDE Provinsi Jawa Tengah (Ibu Tri Prasetyaningtyas, SH, MM) yang melaporkan bahwa Rakor diikuti oleh 70 peserta yang terdiri dari sebagian SKPD Provinsi Jawa Tengah, Tim Asistensi Jateng Online Prov. Jateng dan Tim Asistensi Jateng Online Kabupaten / Kota.
  2. Rakor Teknik ini secara resmi dibuka pada pukul 09.30 WIB oleh Kepala KPDE Prov. Jateng (Bpk. AS Widodo. Hardiono, SH) Dalam sambutannya dipaparkan bahwa KPDE mendapat tugas untuk mengawal pemanfaatan portal Jateng Online dalam mendukung e-government. Dalam kesempatan itu, juga disampaikan bahwa Depkominfo telah menerbitkan buku inventarisasi Perangkat TIK dan diharapkan seluruh SKPD mendownload dan mengisi kuesioner yang ada didalamnya dan selanjutnya dilaporkan secara berkala.
  3. Pembacaan Doa

> Acara dilanjutkan Pemaparan materi dengan moderator Bapak Drs. Haryono :

Paparan Pertama tentang Pemanfaatan Simbangda oleh SKPD melalui Jateng Online dengan narasumber Bapak Drs. Suryanto dari Biro Pembangunan Daerah SETDA Prov. Jateng. Dalam kesempatan tersebut, beliau menyampaikan bahwa :

  • Pelaporan Simbangda dilaksanakan maksimal tanggal 10 setiap bulannya,
  • Akan disediakan sarana di Biro Bangda apabila pada awal bulan terjadi error pada Server Jateng online sehingga operator Simbangda masing-masing SKPD dapat menginput data di Biro Bangda.

  • Program Simbangda selanjutnya lebih disederhanakan lagi dan pada akhir April 2008 akan diselenggarakan sosialisasi bagi operator Simbangda dan Pejabat yang membidangi Pelaporan.

  • Selanjutnya untuk lebih memperlancar proses input data, maka SKPD diharapkan untuk menyiapkan kader operator Simbangda lebih dari satu orang


Paparan Kedua tentang Membangun dan mengelola website : Pengalaman Suara Merdeka Cyber News dengan Narasumber Pemimpin Redaksi Suara Merdeka Cyber News (Bpk. Aulia A. Muhammad)
Paparan Ketiga tentang Situs Web Jawa Tengah : Antara Harapan dan Kenyataan oleh Bapak Gunarto seorang Dosen Program Magister FISIP UNTAG.
Paparan Keempat tentang Peran Pengelola Jateng Online Dalam Mendukung Terpeliharanya Content Portal Jateng dengan Narasumber Bapak Fransisco DT, SP. Dalam kesempatan tersebut disampaikan tentang seringnya koneksi Jateng online yang terputus sehingga perlu adanya penambahan perangkat pendukung sehingga koneksi internet di Simpul Srondol dan Tarubudaya menjadi lebih lancar. Disamping itu, perlu adanya penambahan link ke website resmi SKPD yang sudah punya.

> Rakor ditutup oleh Ibu Tyas Prasetyaning, SH, MM (mewakili Kepala KPDE Provinsi Jawa Tengah) pada pukul 15.00 WIB.

One Response

  1. bos bisa bantu gimana cara masuk ke simbangda yang tidak lewat jateng.go.id tetapi yang langsung ke server. because jateng oline nya baru ngadat sehingga saya tidak bisa input data simbangda. tanks sebelumnya, semoga maha kuasa yang membalasnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: