Mambo by friends

ya setelah selesai baca buku berjudul Joomla : Cara Cepat dan Mudah mamboMembuat Website yang ngebahas tentang tutorial joomla dan seterusnya aku sebarin ke temen2 kantor dan dapat tanggapan yang cukup serius, hingga akhirnya bareng2 belajar all about joomla. Dari hasil diskusi, browsing dan tanya2 ke para pakar it di BKD Prov Jateng ternyata joomla memiliki banyak sodara salah satunya adalah Mambo.

Nah salah satu sumber yang menjadi referensi buat kami (aku n friends) adalah http://id.wikipedia.org . Didalam salah satu halamannya aku dapetin informasi sebagai berikut :

” ……. Mambo Open Source (MOS) adalah sebuah Sistem Manajemen Konten (Content Management System, CMS) open source yang digunakan untuk menciptakan dan mengelola situs web dari yang paling sederhana sampai aplikasi perusahaan yang paling kompleks sekalipun. Mambo dikenal mudah untuk diinstal, gampang dikelola dan memiliki kapabilitas yang tinggi.

Komunitas Indonesia kemudian membuat situs sendiri agar dapat bekerjasama dalam mengembangkan perangkat CMS yang bersifat open source ini. Selain bertujuan untuk mensukseskan program pemerintah (departemen Komunikasi dan Informasi) tentang IGOS (Indonesia Go Open Source), situs ini juga diharapkan dapat membantu rekan-rekan sesama pengembang situs web agar memiliki referensinya dalam bahasa Indonesia. Situs ini juga diharapkan dapat menghasilkan pengembang-pengembang perangkat lunak, khususnya pengembang situs web berkualitas internasional. Tukar-menukar informasi sangat diharapkan agar dapat bersinergi sehingga akhirnya para pemngembang situs web dapat membuat situs web dengan hasil yang profesional dengan biaya yang relatif murah. Situs web tersebut dapat anda kunjungi di http://www.mambo-id.com.

Pada bulan Agustus 2005, para pengembang inti Mambo hengkang dan pada tanggal 16 September 2005 mengumumkan CMS baru yaitu Joomla. Rilis versi awal Joomla yaitu versi 1.0.0 merupakan cloning dari Mambo versi 4.5.2.3. Mambo kemudian memilih pengembang yang baru dan melanjutkan pengembangan Mambo untuk versi selanjutnya. Salah satu pengembang inti Mambo asal Indonesia adalah Adi Setiawan.

Mambo Foundation sebagai pemegang resmi Mambo CMS memiliki situs dan forum resmi yang dapat diakses di http://source.mambo-foundation.org dan di http://forum.mambo-foundation.org. Didalam forum tersebut tersedia forum khusus berbahasa Indonesia yg tepatnya beralamat di http://forum.mambo-foundation.org/forumdisplay.php?f=94 …. “

Nah akhirnya sambil belajar Joomla sekalian ngenal Mambo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: