bingung by cms ….

jadi inget beberapa tahun yg lalu saat awal2 buat email, kalo gak salah sempat buat di yahoo, gmail, hotmail, sctv dan lain sebagainya. Akhirnya mengerucut tinggal yang aku sebutin pertama didepan.

Trus kurang lebih satu tahun yg lalu saat booming blog, kalo gak salah pula sempat buat di onesite, blogcity, blogsome, tblog, xanga, multiply, blogspot dan wordpress hingga akhirnya mengerucut juga menjadi yang aku sebutin 3 terakhir.

Nah tahun ini, giliran cms yang katanya dalam bahasa sono adalah content management system atau dalam bahasa kita artinya Sistem manajemen konten dengan definisi yang aku ambil dari wikipedia yaitu

“… perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:

* aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA)
* aplikasi pengiriman isi (content delivery application [CDA) …. “
atau lebih lengkapnya klik disini

Nah setelah belajar mengenal Joomla, mambo, trus bla bla bla bla bla dan terakhir drupal, akhirnya mengerucut menjadi tiga juga yaitu mambo, joomla dan drupal. Namun sepertinya bakalan lebih fokus ke drupal karena beberapa kelebihan sebagai berikut, seperti yang ditulis oleh Mr Hardono (sorry bang, sekalian minta ijin muatin artikelnya dengan beberapa pengurangan kalimat tanpa mengurangi maknanya) sebagai berikut :

………………. Kenapa Drupal ?
Ada 7 alasan kenapa aku memilih (dan menyarankan kamu menggunakan) Drupal dibanding CMS lainnya.

1. Segudang Kemudahan lewat Administrasi
Administrasi Drupal memang kelihatan rumit tetapi kalau kita mau mempelajari administrasi ini justru menawarkan segudang kemudahan untuk membuat website hanya dengan klik sana klik sana tanpa harus merubah kode bahasa pemrograman.

2. Tampilan yang Bisa Ditentukan
Sebuah situs yang menggunakan drupal tidak harus menampilkan informasi bahan di halaman depan. Kita bisa membuat sebuah welcome letter yang hanya dapat dibaca di halaman depan, sedangkan semua infromasi bahan tidak dimunculkan di halaman depan.

3. Bisa Insert Kode PHP
Ini yang paling kusenangi, kita bisa membuat blok atau halaman dengan menggunakan kode PHP.

4. Selalu Update dan Mudahan di-Update
Drupal selalu memberikan versi terbaru dari scriptnya. Versi terbaru ini biasanya berisi perbaikan dari kesalahan dan kelemahan (bug) pada script sebelumnya.

5. Dukungan Modul yang Berjibum
Modul atau Add-on yang dimiliki oleh Drupal juga berjibum. Kamu bisa menemukan modul tentang Google Adsense, Save to Bookmark, Google Analitics, dan berjibum modul lainnya yang bisa membuat situs Drupal kamu lebih powerfull.

6. Tutorial dan Pertolongan yang Memadai
Sebagai sebuah CMS yang sudah besar, keberadaan tutorial maupun forum bantuan bukanlah barang langka.

7. Baik untuk Sarana Belajar
Dengan model administrasi tidak mudah sekali untuk dipahami maka Drupal sangat cocok bagi mereka yang ingin belajar mengembangkan sebuah website.

…… untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi blognya Mr Hardono disini

2 Responses

  1. kalo joomla gemana ???

  2. kalo bagiku sih joomla lebih menyenangkan karena very sangat simple bagi pemula kayak aku, kalo untuk kepentingan menguji otak tetep aja drupal punya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: