Akhirnya (Prajabatan) datang juga …

Nah setelah setahun lebih menyandang status CPNS, bulan ini aku dapet tugas untuk mengikutin Diklat Prajabatan di Kantorku sendiri (Nah lho !!!) ya iyalah … khan kantorku di Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah.

Adapun pelaksanaannya dimulai tanggal 22 Februari 2009 hingga 13 Maret 2009. Sedangkan pendaftaran dilaksanakan satu hari sebelum pembukaan (ya iyalah masa satu tahun sebelum masehi …) alias hari Minggu tanggal 22 Februari 2009 mulai pukul 10.00 – 15.00 wib.

Persyaratannya ? fotocopy SK CPNS, Surat Tugas dari instansi, Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah dan pas photo 4 x 6 sebanyak 3 lembar. (wah kalo ini sih aku udah siapin jauh2 hari)

Persiapan yang lain adalah :

– Pakaian putih (lengan panjang dan lengan pendek)

– Celana hitam

– Dasi hitam

– Pakaian Olahraga lengkap dari atas hingga bawah

– Pakaian Korpri lengkap

– tentu saja pakaian santai kan dikarantina selama 17 hari (gak pulang)

– kalo khususon cowok, rambut harus potong model 013 alias cepak 1 cm

——————————————————————–

Tapi ngomong-ngomong, banyak lho yang belum tahu apa sih Diklat Prajabatan itu ?

Nih aku copy leftkan dari situsnya BKN, yang menyebutkan bahwa Diklat Prajabatan merupakan syarat pengangkatan CPNS menjadi PNS Diklat Prajabatan terdiri dari :

1. Diklat Prajabatan Golongan I untuk menjadi PNS Golongan I
2. Diklat Prajabatan Golongan II untuk menjadi PNS Golongan II
3. Diklat Prajabatan Golongan III untuk menjadi PNS Golongan I

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) wajib disertakan dalam diklat Prajabatan selambat-lambatnya 2 (dua) tahun setelah pengangkatannya sebagai CPNS.

CPNS wajib mengikuti dan lulus Diklat prajabatan untuk diangkat sebagai PNS

Diklat Prajabatan dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS disamping pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas, dan budaya organisasinya agar mampu melaksanakan tugas dna perannya sebagai pelayan masyarakat.

Peserta diklat Prajabatan adalah semua Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
———————————–

Banyak juga orang awam yang belum mengetahui hal ini, gambaran singkatnya begini : setelah diterima dari test penerimaan CPNS (seperti yang dilaksanakan pada akhir tahun 2008 lalu) mendapatkan status CPNS or CAPEG dengan gaji masih 80 %, nah setelah mengikuti dan lulus Diklat Prajabatan statusnya akan dinaikan menjadi PNS dengan gaji udah 100 %.

9 Responses

  1. SELAMAT YA MAS !!🙂

  2. msh adakah rencana prajab berikutnya untuk taun 2009 atau awal taun 2010? yg ikut prajab harus udah setaun jd cpns ato boleh kurang? maturnuwun.

  3. kalo diklat prajabatan untuk tahun 2009 berlanjut hingga akhir tahun untuk golongan I, II dan III demikian juga untu tahun 2010, 2011 dan tahun-tahun salanjutnya sepanjang masih ada CPNS yang belum mengikuti diklat prajabatan.

  4. Utk awal thn 2010 antara jan-maret dmana ya ygngadain diklat prajbtn gol.3 tlgdonk infonya,tenkyu ya…

  5. Hallo Pak.. Klo diklat prajab hr minggu blh pulang ga Pak?hohoho..

    • tergantung jadwalnya … karena masih banyak CPNS yang harus dan wajib mengikuti diklat prajabatan sementara kapasitas kelas dan asrama terbatas, sehingga hari minggu-pun tetep masuk, tapi ada koq jatah pesiar atau tilik ngomah … don’t worry be happylah pokoke

  6. Lmyn bs nemu blog ini. Panjenengan ikut jd panitia prajab yg thn 2010 ga Pak? Mw tanya lg ya Pak, koq dgr2 cerita dr yg dulu2, prajab yg di Srondol lbh keras drpd yg d Jogja, coz ada gojoglannya jg. Bnr ga Pak? Sbnrny pgn cr info lbh byk lg, tp smntr ini dlu. Thx pak..

    • Buat Bapak / Ibu / Mas / Mbak map, saya kebetulan tidak menjabat panitia diklat prajab tahun 2010. Setahu saya diklat prajab yang diselenggarakan di srondol tidak ada gojlog2an, yang saya tahu peserta diklat prajab lebih dibentuk untuk menjadi lebih disiplin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: