Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan SKPD dengan Bantuan MS Excel

Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan SKPD dengan Bantuan Microsoft Excell

Setelah selesai mendampingi praktek after kursus Komputer : Pemanfaatan MS Word dan MS Excell (kalo gak salah bro !!!) sekitar pukul 11.00 WIB ada sebuah Surat Perintah Tugas (wah mendadak lagi nih !!!). Surat Perintah yang bernomor 893.3/1950 dan bertanggal 20 Maret 2009 ini berisi tentang penugasan untuk mengikuti Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan SKPD dengan bantuan Microsoft Excell yang diselenggarakan oleh Pendidikan Profesi Akutansi / PPA UNDIP (Dasarnya : Surat Sekretaris PPA FE UNDIP Nomor : 0675 / h7.1.12/ll/2009 tanggal 25 Februari 2009).

Ya apa boleh buat …. sebagai staf harus selalu siap untuk maju pantang mundur (kayak iklan parpol aja ya ..). dan akhirnya pada hari Sabtu tangga; 21 Maret 2009 kami berlima (aku, Pak Suparjo, Mbak Yuni, Pak Ari dan Pak Muhlisin) menuju lokasi di Ruang Seminar / Laboratorium Komputer FE Undip Lantai III di Jalan Erlangga Tengah No. 17 Semarang.

Setelah registrasi peserta, acara dimulai pada pukul 08.15 WIB diawali dengan sambutan sekaligus pembukaan Pelatihan oleh Ketua PPA FE UNDIP (Bpk.Dr.H.Sugeng Pamudji, MSi, Akt). Dalam sambutannya, beliau menyampaikan tujuan pelatihan ini agar penyusunan laporan keuangan SKPD (triwulan, semester dan tahunan) dengan menggunakan dokumen sumber catatan penatausahaan dapat dilaksanakan secara tepat waktu, efisien dan efektif.

Kemudian dilanjutkan dengan overview Akuntansi Keuangan Daerah yang dipaparkan oleh Bapak H.Warsito kawedar, SE, MSi,Akt

Setelah coffee break, pelatihan diteruskan dengan simulasi kasus dalam pembukuan Kasus Akuntansi SKPD dengan Program Excel yang dipandu oleh Bapak Marsono, SE, Madv.Acc.Akt dan Bapak Drs. Daljono, Msi, Akt

Oh ya … peserta yang hadir kurang lebih 40 orang yang berasal dari beberapa SKPD Provinsi Jawa Tengah dan beberapa lagi dari Kabupaten / Kota dan juga Mahasiswa.

Jujur aja sih, ini emang lebih fokus ke sektor keuangan, karena didalam pelatihan banyak istilah keuangan semacam Daftar Rekening dan Saldo Awal, Jurnal Umum, Jurnal Adjustmen, Buku Besar, Buku Besar Pembantu, Neraca, Neraca Lajur dan Laporan Realisasi Anggaran. Kalo penggunaan MS Excel sendiri sih gak masalah karena menggunakan rumus / formula yang emang tersedia di MS Excel, seperti :

IF

VLOOKUP

CONCATENATE

Serta How to :

PROTECT SHEET

PROTECT WORKBOOK

DATA VALIDATION

Akhirnya Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan SKPD dengan Bantuan Microsoft Excell ditutup oleh Sekretaris PPA Ibu Dra. Hj. Indira Januarti, MSi, Akt pada pukul 15.30 WIB.

2 Responses

  1. adakah buku panduan akuntansi untuk excel yang lebih sederhana dan bagaimana cara memahami excel untuk akuntansi agar lebih simpel

  2. Sangat menarik bro. Sangat penting juga kalau kita mengerti manualnya dulu ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: