Laboratorium Komputer … yang lama dan yang baru …

Udah lama, nyaris 6 bulan terakhir ini aku gak pernah pegang alias ngutak atik Apacher, My SQL, PHP atau bahkan XAMPP yang sepanjang tahun 2008 aku pelajari. Bukannya tanpa alasan, karena emang tahun ini aku lebih fokus ke pengembangan web dan hotspot di my office.

Nah ternyata hari ini aku mendapat tugas untuk mendampingi peserta Diklat Teknis Proyeksi Kependudukan yang berjumlah 35 orang untuk praktek tentang aplikasi Proyeksi Kependudukan keluaran Departemen Dalam Negeri.

Tentunya berdasar SOP, maka satu hari sebelum pelaksanaan, hari ini aku n team coba untuk cek kompatibitas hardware dan software yang ada dengan aplikasi tersebut.

dari jam 12.00 WIB baru berhasil jam 20.00 WIB, Why ?

Pertama dicoba di Lab Komputer yang baru dan merupakan hibah dair Departemen KOmunikasi dan Informasi RI (speknya canggih bin ajaib, core to duo punya lah … ) Kendalanya pake Vista yang lumayan ribet dan rewel untuk konfirmasi proses instalasinya, sementara kami yakin banyak peserta dari daerah yang lebih familier dengan Win XP, sehingga diputuskan untuk pindah ke Lab KOmp[uter lama yang under Win XP. Nah disinilah tantangannya, karena dari 40 PC yang ada, tinggal 18 buah yang bisa digunakan, itupun tidak semua CDROM masih berfungsi. Hasilnya ? ajaib bro … sesuai pepatah "menunggu adalah pekerjaan yang menyenangkan" karena speknya masih di level Pentium III dengan memori 128 MB. Bisa dibayangkan betapa ndongkolnya nungguin proses instalasi. Untungnya kami bertiga yaitu, Mr. Tri Budi dan Mr Dibyo cukup telaten …. tahu dech besok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: