Menghubungkan 2 PC or Notebook (part 4) – Wifi

Kemudian artikel dari budiryu tentang Peer 2 Peer (P2P) Dengan Wireless (Wifi) di Laptop, Tanpa Kabel dan Koneksi Internet.

Untuk bisa menggunakan potensi wifi (wireless fidely) yang tertanam di laptop untuk bersharing/transfer data, chatting dan bermain game.

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah
Persiapan Bagian Hardware

  • beli laptop yang telah diilengkapi dengan wifi (bagi yang sudah punya tidak perlu beli lagi),
  • Laptop yang tidak memiliki WIFI ==> belilah PCMCIA
  • pada PC computer Desktop belilah Card wifi atau usb wifi.

Persiapan Bagian Software.
Downloadlah software untuk mengkoneksikan 2 WIFI, yang bernama WIPEER, setelah itu install di salah satu komputer yang terdapat WIFI nya. Jangan di install di PC yang lain. Dalam Suatu Group WIPEER boleh di instal hanya pada 1 PC atau LAPTOP saja.

Satu hal lagi bahwa tidak perlu terkoneksi ke internet untuk melakukan transfer data/chatting/gaming de el el. Anda bisa transfer data antar laptop pada jarak max 300 meter. Bisa dilakukan berkelompok/group. Hanya cukup dengan laptop/pc yang dilengkapi wifi. Jangan takut mencoba sebelum mencoba.
“Anda bisa transfer data/chatting/game antar laptop pada jarak max 300 meter”

Langkah-langkah MEMANGUN JARINGAN 2 PC DENGAN WIFI

  1. Install program wipeer pada laptop anda, di salah satu PC komputer, ataujuga di LAPTOP, yang perlu diperhatikan WIPEER hanya di install untuk 1 komputer saja, jangan di install di 2 komputer, menyebabkan error.
  2. Setelah instalasi wipeer berhasil maka anda bisa melihat display program wipeer. Setting/atur beberapa fungsi program wipeer agar dapat digunakan dengan benar. Yang perlu anda perhatikan dalam proses setting program ini adalah pada (SSID) yang berfungsi sebagai ad hoc nama jaringan peer 2 peer laptop. Sebaiknya anda berikan nama yang sama pada SSID, karena jika berbeda tidak akan dapat terhubung p2p dengan laptop lain.
  3. Apabila anda telah melakukan settingan pada program wipeer dengan benar. Coba cek koneksi pada wireless network connections pada laptop anda. Apakah nama SSID yang telah anda buat telah ada di pilihan jaringan (network) wifi. Jika nama SSID sudah ada dan terdapat gambar p2p laptop (gambar 2 laptop yang terhubung oleh wifi)
  4. cek kembali status koneksi pada wireless network connections. Jika telah terhubung (connection) maka program wipeer dapat anda gunakan. Anda bisa bersharing data/chatting/gaming dll sesuka anda.

Sumber :

http://budiryu.wordpress.com/2008/10/21/menghubungkan-2-laptop-dengan-wifi/

4 Responses

  1. mohon bantuan,,,
    knp hp aq beyond B71,kl koneksi wifi-nya sulit sekali connect waktu dikantor aq?padahal loggin dan pswrdnya sdh bnr,tp koq tetep gak bs connect?????please,,, sblmnya aq ucapkan terima kasih..

    • buat bang / pak / mas fandy, saya banyak menerima pertanyaan tentang susahnya koneksi wifi pake hape cina / lokal khususnya pada hotspot yang menggunakan loginn password, tapi untuk hotspot tanpa login n password umumnya hape cina/lokal bisa langsung konek dengan sukses … hingga saat inipun saya masih berjuang mencari how about that … nanti dech kalo udah ketemu caranya akan saya upload

  2. Software WIPEER download di mana Boss…??? Free ware ??
    Makasih..

  3. cari aja i 4shered browww…. aku juga dah donload tapi msh bingung gman cara mngunakan aplikasinya…. hehehe

    abdee_LOMBOK_NTB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: