Anjungan Informasi … (mainan baru … tambah tantangan …)

AIB 1

Tahun ini opisku meluncurkan Anjungan Informasi yang kalo di institusi swasta istilah kerennya adalah Company Profile atau apalah istilah2 lainne.

Dari sumber resminya http://badandiklat.jawatengah.go.id artikel begini :

“….Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2009 ini menambah sarana komunikasi berbasis TI dengan menyediakan sebuah Anjungan Informasi Badan Diklat Prov. Jateng yang memanfaatkan teknologi touch screen.

Hal ini dilakukan sebagai wujud keseriusan Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah yang meletakan instrumen teknologi informasi pada posisi yang strategis untuk menyediakan informasi kepada peserta, institusi kedinasan dan masyarakat sehingga segala rencana dan hasil kegiatan serta sarana dan prasana kediklatan aparatur dapat dengan mudah diikuti.

Alat yang menyerupai ATM / anjungan tunai mandiri ini menggunakan aplikasi macromedia flash yang menyediakan company profile atau profil instansi secara lengkap beserta berbagai informasi perencanaan dan kegiatan diklat aparatur di Bandiklat Prov. Jateng serta fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, selain berfungsi sebagai Anjungan Internet sehingga siapa saja dapat mengakses internet tanpa dipungut biaya.

Alat yang diletakkan di ruang tamu tepat didepan pintu utama Gedung Pusat Administrasi lantai I menyambut kedatangan tamu, sehingga sambil menunggu, tinggal pencet-pencet layar yang sudah disetting agar mudah digunakan. Muncullah data-data dan gambar tentang informasi yang diinginkan. Maklumlah, alat ini sudah menggunakan teknologi touch-screen. Jika pun masih bingung, tinggal minta bantuan petugas yang ada di sekitar tempat tersebut.

Dengan hadirnya Anjungan Informasi Bandiklat Jateng tersebut, kini Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah sudah memiliki tiga media informasi untuk masyarakat. Pertama, website resmi yang beralamat di http://badandiklat.jawatengah.go.id yang bersifat online serta Warta Bandiklat.

Diharapkan media informasi digital tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat / peserta diklat yang kebetulan datang ke lingkungan kantor Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah untuk mengetahui aneka informasi yang disediakan …”

Nah disinilah tantangannya :

  1. Jelas untuk update data harus belajar Macromedia Flash karena aplikasi yang ada didalam Anjungan Informasi berbasikan flash (ya iyalah masa berbasiskan Wordstar apalagi Lotus 123 … capeee deh). Ada waktu gak ya ?
  2. Membiasakan temen2 opis untuk menggauli eh maksude mengoperasikan Anjungan Informasi sehingga seluruh karyawan / ti tidak pada gaptek (biar gak malu2in saat ada tamu atau peserta menanyakan about informasi kantor melalui Anjungan Informasi)
  3. Mengoptimalkan Anjungan Informasi yang sekaligus menyediakan layanan Internet 24 jam tanpa dipungut biaya sedikitpun untuk transaksi elektronik semacam e-banking (untuk transfer dana antar rekening atau sekedar cek saldo doank)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: