Balik Opera Mbangun Opera … Kembalinya diriku ke selera asal … Opera 10

ImageDua tahun yang lalu sempet menjadi opera mania, sehingga untuk urusan browsing dan kawan2 opera selalu kugendong kemana-mana. Namun setelah itu hingga pertengahan Agustus menjadi kutu loncat dari Mozilla, Netscape, Safari, hingga Chrome dan yang jelas IE.

Pertanyaannya kenapa IE ? karena beberapa Sistem Informasi yang dibangun oleh beberapa institusi pemerintah ditempatku kerja bekerja lebih optimal bila menggunakan IE. So mau tidak mau harus bergaul dengan IE lagi, biar gawean beres … (sorry bro … bagi yang ngerasa it’s OK .. no what-what lah bibeh !)

Nah awal september ini aku dibuat kangen berat ama opera, yang gak terasa udah ngerilis versi 10 yang menurut situs okzone.com menawarkan tampilan baru, fitur baru dan tentunya kecepatanyang diklaim memiliki kecepatan 8 kali lipat dari seri sebelumnya.

Setelah aku coba donlut dari situs resminya ternyata sesuai dengan apa yang diumumkan dech …

Untuk deskripsinya sebagai berikut sebagaimana yang dipublikasikan di http://www.opera.com

Tampilan basic :

Image

 

Tampilan Tab :

Image

 

Tampilan Panel :

Image

 

Tampilan Download :

Image

 

Tampilan Dragonfly : (kayaknya buat pengembangan dech … hihihi ya maaf kalo salah …)

Image

 

Nah kemudian review beberapa fitur terbaru dari opera 10 yang aku dapetin dari situs http://my.opera.com :

Opera Turbo

Koneksi anda lamban? Koneksi hanya lewat gprs, wifi sedang lamban? Opera Turbo solusinya, Opera Turbo mengkompresi halaman web yang anda buka agar kecepatan akses menjadi lebih cepat dan akses lebih ekonomis karena data yang diterima menjadi jauh lebih kecil.

Antarmuka yang lebih indah

Tampilan Opera makin ramping dan indah, skin yang lebih segar dan intuitif memudahkan pengguna untuk mengakses Web.

Tampilan tab lebih baik

Kejutan di Opera 10 adalah, pada saat anda mengubah ukuran tab atau mengklik dua kali pada gagang (tab bar) BAM! Tab visual yang menunjukkan thumbnail halaman yang sedang anda kunjungi! Visual Tab juga bisa dipasang di sebelah kanan/kiri, cobalah kalau kamu mempunyai monitor yang lebar.

Speed Dial ukuran super

Bila kamu memiliki monitor yang besar kamu bisa memilih untuk memiliki jumlah Speed Dial hingga 25 buah (5×5). Fitur Speed Dial merupakan salah satu fitur yang banyak ‘ditiru’ oleh browser lain, artinya Opera memang merupakan pelopor fitur-fitur baru :up:

Auto update

Auto update memastikan anda akan selalu menggunakan versi Opera terbaru, Opera sangat peduli terhadap keamanan anda saat berselancar di Web. Opera akan selalu mengupdate apabila terdapat celah keamanan yang perlu diatasi. Opera tercatat sebagai vendor browser yang paling peduli terhadap celah keamanan.
Statistik di secunia.com

Periksa Ejaan

Opera menerapkan fitur yang sangat banyak diminta, yaitu pemeriksa ejaan. Pemeriksa ejaan ini mendukung 51 macam bahasa menggunakan format kamus populer open source, Hunspell.

Klien Email

Kamu bisa mengecek email anda menggunakan klien email Opera yang makin baik. Klien Email Opera juga diterapkan bersama pemeriksa ejaan sehingga kamu bisa menulis email dengan percaya diri.

Mesin (Engine) yang lebih baik

Engine yang lebih baik menghasilkan performa pemuatan halaman web yang lebih cepat. Opera 10 40% lebih cepat dibanding Opera 9.6.

Alat Pengembang (Developer Tools)

Alat pengembang berupa Opera Dragonfly memudahkan pengguna yang merupakan pengembang halaman web untuk menyempurnakan tampilan dan cara kerja halaman yang ia bangun di Opera.

Tersedia:
Opera 10 tersedia dalam 43 macam bahasa untuk komputer Windows, Mac dan
Linux. Tersedia secara gratis dari
http://www.opera.com/.

Gambaran Opera 10:
Sebuah video panduan Opera 10 tersedia di
http://www.opera.com/press/reviews/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: