Mengenal file *.cod *.alx *.jad di blackberry

That’s right bro n sista, semenjak kedatangan bb di dalam hidupku akhir tahun lalu, kegiatanku bertambah disela2 padat merayapnya gawean kantor, yaitu ngoprek bb (hihihihi …. biar bbku tampil beda dari yang laen …).

Langkah2 standar dasar untuk ngoprek bb udah aku lakukan seperti :

> install Desktop Manajer

> ganti theme

Namun mulai agak mentok saat coba install aplikasi or games or theme yang usah aku donlut dari beberapa sumber namun hanya nyertain file berekstensi *.cod dan *.alx (wadhuh …. opo kuwi ….). Lumayan pusink karena sebelumnya aku lebih suka copy file hasil donlut-an ke microSD lalu aku instal ke bb langsung dari bb (istilahnya OTA) dengan menekan file berekstensi *.jad … dan proses instalasi berlangsung dengan sukses. Beda halnya dengan *.cod n *.alx yang ternyata gak bisa instal secara langsung melalui OTA.

dan dari situsnya jakarta blackberry (thanx infonya n sekalian minta ijin copy materinya demi kemaslahatan umat penganut bb hihihihi) menyebutkan bahwa :

” ………………………………………………………………………………

*.COD

Adalah file inti dari program/aplikasi yang akan diinstall ke BB kita.File ini merupakan gabungan beberapa file yang dizip atau dikompresikan menjadi satu file.

Lalu file² *.alx dan *.jad, adalah file script jenis instalasi, dibutuhkan berdasarkan cara instalasi aplikasi tersebut. Apakah secara offline atau OTA.

*.ALX

File ini digunakan jika kita meng ‘install’ aplikasi melalui DM. Kita perlu meng-kopi dulu file ini ke PC baru kemudian ‘install’.

*.JAD

Instalasinya adalah dengan cara langsung OTA.

Jadi, untuk dipahami, apapun aplikasi yang kita ‘install’. Maka file² yang berperan adalah, sebagai berikut:

1. *.cod + *.jad –> install via OTA.

2. *.cod + *.alx –> install via DM.

Catatan:

File *.jad dapat diinstall secara offline juga. Dengan cara file JAD dan COD dikopikan di satu folder di BlackBerry. Kemudian kita ‘execute’ / ‘run’ file tersebut………………………..”

 

So … silahkan dilanjutkan mengoprek bbnya.

18 Responses

  1. bang,ane udah copy semua file dalam satu folder (*.cod & *.jad) & ane execute theme yg ada extension *.jad-nya, kayak yang abang contohin.

    Catatan:

    File *.jad dapat diinstall secara offline juga. Dengan cara file JAD dan COD dikopikan di satu folder di BlackBerry. Kemudian kita ‘execute’ / ‘run’ file tersebut………………………..”

    tapi knpa abis stlh ane execute di onyx ane, theme tsb ga muncul di pilihan theme-nya ya? padahal BB udah ane reboot…

    file yang ane mo instal ada di:

    http://blackberryseeker.com/themes/preview/Brisk.aspx

    please pencerahannya ya..

    thanks a lot..

  2. berarti yang cod itu foldernya tinggal copy paste di memory ajah trus buka dari bb gitu ya ….

  3. sori saya ora mudeng

  4. ijin praktek mas bro….🙂

  5. mantap kawan penjelasannya,,, keep share kawan,,,

  6. sorry lum ngerti jg…
    COD tuh ada d manany?
    cz smuanya JAD doank

  7. tau gk om cara uplod tema ke web supaya bisa share dengan teman yg lain
    dgn file extension *.jad & *.cod

  8. mas tempat tema gratis bb dimana ya??tapi yang curve 8520 yaa….tolong yaa….

  9. hehehe….ternyata itu toh artinya, thanks infonya bener2 bermanfaat🙂

    salam sukses

    http://lightandlovebali.com/blog/

  10. om klw mw install via dm gmn caranya .mohon solusinya’

  11. klo bisa dilampirkan screenshot nya bro, biar jelas😀

  12. mangstappppp….

  13. Tapi mas, kok tema yg sy instal mlalui DM tdk mncul di hp bbnya? Mhon pnjelasanx mas..!?

  14. sedottttttttttt

  15. Kadang kalo saya download Filenya, mentahannya dari file .cod, sering gak nampak alias hilang gak tersimpan. Biasanya simpan ϑĭmana yaa? Agar saat saya memerlukan lagi bisa saya panggil lagi file .cod tsb buat instal ϑĭ  ¥ğ lainnya gak perlu download lagi. Mohon pencerahannya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: