gerilya mencari distro linux yang pas untuk Netbook (Lenovo Ideapad S110)

Kalo kemaren2 berjuang habis2an mencari distro buwat Desktop dan Notebook khusuzon untuk perkantoran yang mengarah ke openSUSE 12.1, minggu2 ini kembali disibukan (disela2 gawean ofis) dengan pencarian distro linux yang pas mantabh buwat netbook yang notabene didukung processor Intel Atom.

Nah kali ini pasien yang aku tangani adalah si Ideapad S110 milik Lenovo yang memiliki spek :

Processor Intel Atom N2800 1.86Ghz, 2GB DDR3 ( 1 Slot SODIMM), 500GB, Wifi, No Bluetooth, Card Reader, No Optical Drive, Camera, Intel GMA 3150, 10.1 " WSVGA, DOS, Batt 6 cell.

Seperti biasanya, harus bertanya dulu nih ke Mbah Gugel yang memberikan saran untuk mencoba :

comice 0s2ubuntu-netbook-remix

easypeasyjolicloud-launcher

Linpus_lite01s

dari kelima distro diatas sudah aku download dan coba install di Ideapad S110, namun karena belum yakin bener, akhirnya aku coba minta saran lagi ke Mbah Gugel dan disarankan ke sini . Dan ternyata banyak banget sarannya, kira2 begini nih … untuk si Ideapad S110 bisa diisi OS sebagai berikut :

(kalo pengen liat artikel aslinya silahkan kunjungi ke http://www.bablotech.com/2009/08/25/top-15-linux-distributions-for-netbooks/)

 

No Nama Distro Screenshot
1 Ubuntu Netbook Remix ubuntu-netbook-remix9
2 Linpus Lite linpus-lite
3 Mandriva Linux One mandriva-linux-one
4 gOS gos-300x287
5 Slax slax-desktop
6 LInux MInt linux-mint-7
7 EeeBuntu NBR edition eeebuntu
8 Moblin for Netbook moblin
9 Jolicloud jolicloud
10 Kuki LInux kuki-linux
11 Puppy Linux puppy-linux
12 Xandros xandros-linux
13 Foresight LInux foresight-linux
14 OpenGEU opengeu
15 CrunchEee cruncheee

Mudah2an info diatas bisa membantu siapa saja yang lagi sibuk mencari distro yang pas buwat netbook. atau mungkin ada yang pengen nambahin informasi tersebut.

oh ya … buat bablotech.com terima kasih ya (hihihi mudah2an mereka ikut berkunjung ke blogku ini dan mudenk bahasa Indonesia)

2 Responses

  1. salam.

    ane pake ubuntu 11.10 untuk lenovo ideapad 110, masalahnya resolusi display kok hanya terbaca 800×600 yah, apakah drivernya tidak terinstall secara otomatis, mohon bimbinganya😀

  2. ane juga pake asus 1015 cx dengan blankon 7.0 resolusi display hany sampai 800×600 aje, ada solusi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: