FYI : Jejaring Sosial – Part 2 (Situs Jejaring Sosial secara Indonesia)

Melanjut kegiatan sebelumnya tentang Jejaring Sosial terpopuler, maka dari hasilsocialnetworking guglingpun didapat informasi bahwa TERNYATA sudah ada situs Jejaring Sosial yang merupakan hasil karya anak bangsa (bangga donk) menyusul situs jejaring sosial buatan orang luar semacam facebook, twitter, myspace dll.

Sebagiamana artikel dari teknologi.kompasiana,com “…. Di Indonesia sendiri, kegiatan ber-Jejaring Sosial sebenarnya telah ada sejak lama – dengan bermunculannya berbagai macam forum diskusi berbasis web seperti KasKus misalnya, hanya saja demam Jejaring Sosial mulai terasa ketika sebuah situs pertemanan bernama Friendster mulai naik daun – saat itu banyak orang mulai merasa sangat penting untuk menampilkan sosok dirinya untuk dikenal orang lain …”

Hingga kini (per 9 Mei 2012 : 11.58 WIB) terdapat 22 situs jejaring sosial made in Indonesia dengan segala kelebihan dan kekurangannya … diantaranya : (kalo masih ada lagi yang belum terkover disini boleh ditambahin) :

 

No

Jejaring Sosial

Alamat Situs

1

clip_image002

www.akucintasekolah.com

2

clip_image004

www.bacary.com

3

clip_image006

www.digli.com

4.

clip_image008

www.fatekbook.com

5

clip_image010

www.fb.co.id

6

clip_image012

www.fupei.com

7

clip_image014

www.get-bux.com

8

clip_image016

www.goesmart.com

9

clip_image018

www.indoface.com

10

clip_image020

www.kayakiye.com

11

clip_image022

www.kitaberbagi.com

12

clip_image024

www.koprol.com

13

clip_image026

www.lilocity.com

14

clip_image028

www.mindtalk.com

15

clip_image030

www.mobinessia.com

16

clip_image032

www.odestory.com

17

clip_image034

www.paseban.com

18

clip_image036

www.ruangmuslim.com

19

clip_image038

www.salingsapa.com

20

clip_image040

www.statusbooks.com

21

clip_image042

www.twoo.com

22

clip_image044

www.youfriends.net

Diluar 22 situs jejaring sosial made Indonesia tersebut diatas, kata berbagai sumber masih ada beberapa situs jejaring sosial gawean anak bangsa (yang sayangnya sewaktu diakses pada saat yang sama ternyata tidak dapat dibuka / under maintenance dls) seperti dibawah ini :

1. Adandu Situs ini diluncurkan  dalam versi beta di bulan Oktober 2009. Situs web berbagi video dan layanan pengunggahan video ini menyediakan layanan gratis bagi pengguna umum dan pembuat atau penerbit video independen.

2. Catchfriend Situs ini meski sederhana, namun menyajikan halaman khusus untuk bisnis. Sayangnya jejaring ini tidak memiliki notifikasi jika ada user baru yang bergabung atau menampilkan user yang sedang online.

3. Kombes Dengan berbagai macam aplikasi untuk berintekrasi secara online seperti chat room, im chat, forum, sharing video/audio, social bookmarking yang menarik. Situs yang ber-tagline The Indonesian Social Network ini memiliki anggota 44.219 orang.

4. Kongkoow Situs jejaring sosial bercitarasa lokal yang menyediakan fasilitas sangat lengkap seperti akun e-mail, file sharing, video streaming, dan blogging.

5. Otofriends Dengan tagline “Community Gathering, Start From Indonesia”, situs ini tergolong cepat dengan fitur komplit serta terus bertambah. Fiturnya merupakan kombinasi dari Facebook, Yahoogroups, Friendster, dan Multiply dengan mengkhususkan pada bidang otomotif.

6. Temanku Situs pertemanan online ini bisa dikatakan mirip sekali dengan situs jejaring Facebook. Mulai dari halaman awal hingga cara mendaftarnya sangat mirip atau copycat dari FB.

7. Zeetal Komunitas internet Indonesia yang memungkinkan Anda untuk terhubung bersama teman, keluarga, atau bahkan siapa saja di seluruh dunia.

8. KenalanYuk.com adalah situs pertemanan/sosial seperti yang sedang marak dibicarakan saat ini. Fitur-fitur pada KenalanYuk pun agak-agak mirip dengan Facebook. Cuma tentu saja ada perbedaannya. Kalo Facebook > biru maka KenalanYuk > hijau. Silahkan buka sendiri situsnya untuk info lebih lanjut.

9. Kidnetmania.com, KID Net yang berarti Kerja Input Data dot Net merupakan produk asli Indonesia, yang membuat wadah bagi anda yang menginginkan pendapatan tambahan melalui internet, ribuan orang sudah bergabung. Saat ini KID NET sudah tidak menerima member lagi, kecuali melalui jalur khusus (bayar) dan hanya akan membuka pendaftaran diwaktu-waktu tertentu.

7 Responses

  1. Saya sudah mempelajari jejaring sosial buatan anak negeri, baik yang dibangun dengan pemrograman sendiri, maupun yang mengambil dari cms dari luar, diperkirakan sampai bulan ini sudah ada sekitar 350 jejaring sosial. Saya sendiri baru mempelari 327. Ini tidak termasuk yang dikembangkan di lau negeri atau yang sudah diakuisisi oleh Yahoo seperti halnya Koprol. Bila tertarik dengan artikel yang saya tulis, silahkan hubungi saya. Terima kasih

  2. wah tambah banyak aja ya gan…jejaring sosial indonesia

  3. Saya jg salah satu developer web semacam itu. Senang rasanya jika ada relawan yang bersedia untuk ikut serta menguji kinerja jejsos tersebut. Apalagi klo di ulas oleh blogger macam agan. Alamatnya di http://bimsala.com saya tunggu partisipasinya. terimakasih

  4. weeww ada yg blum saya tambahin di blog saaya http://jejaring-sosial-indonesia.blogspot.com/ thanks alot gan..

  5. waah !, ternyata anak bangsa ndak kalah ya !
    dukung terus 100 % indonesia !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: